IMG-20240501-WA0019

Bupati Simalungun Apresiasi Panen Raya Cabai Merah

IMG-20240409-WA0076

Simalungun, TRIBRATA TV

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Anggota DPRD Sumut Mangapul Purba, Wakil Ketua DPRD Simalungun Samrin Girsang dan dari Dinas Pertanian Sumut melakukan panen raya komoditi cabai merah, di Nagori Hutaraja, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (20/7/2023).

IMG-20240227-124711

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat kepada kelompok tani (poktan) Lumpatan Nagori Hutaraja yang telah berhasil dan menjadi percontohan, melalui panen raya komoditi Cabai merah di Kabupaten Simalungun.

“Kami masyarakat Kabupaten Simalungun mengucapkan terimakasih kepada L Turnip (Kabid Hulikultura Provinsi Sumatera Utara) dan Mangapul Purba dari DPRD Sumatera Utara yang telah memperjuangkan bantuan ke Kabupaten Simalungun,”ucap Bupati.

Ia juga mengapresiasi panen raya komoditi cabai merah tersebut. “Ini merupakan salah satu lompatan untuk menjaga inflasi di Kabupaten Simalungun,”ungkap Bupati.

Bupati berharap kepada para Poktan di Kabupaten Simalungun, dengan melihat pelaksanaan panen raya ini kiranya semakin termotivasi. “Dan ini akan menjadi percontohan bagi para petani kita yang ada di Kabupaten Simalungun,”ujarnya.

Radiapoh berharap kepada Dinas Pertanian Simalungun, agar mengumpulkan kelompok tani untuk melihat hal ini sekaligus belajar dalam meningkatkan hasil pertanian khususnya cabai merah. “Dan saya minta agar menganggarkan bantuan kepada para kelompok tani yang ingin maju,”kata Bupati.

Bupati Simalungun meminta kepada para petani Huta Raja agar menjaga kepercayaan provinsi yang telah menggelontorkan anggaran kepada para petani. “Katanya, bagaimana caranya? Mari bersama-sama, bantuan itu kita manfaatkan dengan baik,”sebut Bupati.

“Jadi saya berharap panen raya ini akan membawa perubahan bagi para petani kita di kabupaten Simalungun,”pungkas Bupati mengakhiri.

Ketua Poktan Lumpatan Nagori Huta Raja, Jhon Sinaga, melaporkan, luas tanaman Cabei ini 15 hektare, dengan masa tanam umur 6 bulan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun yang telah memberikan perhatian sehingga kami para petani dapat menikmati hasil panen ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah memberikan bimbingan kepada kami,”ujar Jhoh.

Dalam kesempatan itu, Libet Sinaga selaku Tokoh Masyarakat, yang juga sebagai pengasuh/penasehat Poktan Lumpatan mengucapkan selamat kepada Kelompok Tani Lumpatan yang telah berhasil dan melaksanakan Panen Raya Cabai Merah.

“Kami juga selalu menerima bagi masyarakat yang hendak belajar. Dan mari kita bersama-sama belajar dalam penanaman maupun pemeliharaan Cabai Merah ini. Dan saya juga bangga atas kehadiran dari bapak Bupati dan juga ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan dari Bupati Simalungun kepada Para Petani,” ucap Libet.

Kadis Pertanian Sumut diwakili Kabid Ketahanan Pangan dan Holikultura L Turnip mengatakan, Kabupaten Simalungun merupakan penghasil holtikultura terbesar dan juga masuk penerima bantuan holtikultura terbesar.

Kabupaten Simalungun, kata L Turnip salah satu daerah penghasil/penyumbang bibit jahe, kunyit dan bawang merah. “Simalungun masuk yang terbesar penyumbang bibit pertanian terbesar,”katanya.

“Harapan kami, cabai merah ini akan di tingkatkan. Kami akan mengajukan bantuan untuk para petani cabai di Kabupaten Simalungun,” ujarnya sembari mengucapkan selamat kepada kelompok tani Nagori. (Rismauli Manihuruk)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *