IMG-20240501-WA0019

Waspada Cuaca Ekstrem, Ketua DPRD Sitaro Imbau Warga Berhati-hati

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini Senin 18 Juli 2022.

IMG-20240227-124711

“Waspada potensi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Manado, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Bolmong, Bolmong Selatan, Bolmong Timur Kepulauan Sitaro, Kepulauan Talaud”, tulis BMKG.

Cuaca yang cukup ekstrem ini pun ditandai dengan meningkatnya intensitas hujan disertai angin kencang yang dapat mengakibatkan dampak buruk bagi masyarakat.

Olehnya itu, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Djon Ponto Janis mengimbau warga untuk mewaspadai cuaca buruk saat ini yang terjadi di wilayah Kabupaten Sitaro.

“Karena cuaca sekarang dalam keadaan ekstrem diingatkan agar kiranya senantiasa waspada dalam menjalankan setiap aktifitas, baik di darat maupun di laut, sebaiknya untuk aktifitas di laut dapat melengkapo diri dengan alat keselamatan atau untuk sementara jangan beraktivitas dilaut”, tandasnya.

Kepada bapak ibu masyarakat yang menggunakan roda empat maupun roda dua DPJ menyampaikan kiranya berhati hati, karena jalan licin dan rawan longsor serta beresiko pohon tumbang.

“Bagi saudara-saudaraku yang bermukim di daerah rawan bencana, seperti di atas tebing, dibawah tebing, di pinggir sungai dan di tepi pantau harus tetap waspada dan ketika ada potensi bahaya kiranya sesegera mungkin menyingkir ke daerah yang lebih aman”, pungkasnya.

Selain itu, masyarakat diminta untuk selalu memantau perkembangan cuaca di wilayahnya. Sehingga jika ada kemungkinan buruk yang terjadi, agar sedini mungkin melakukan pencegahan.

DPJ juga meminta untuk tetap melakukan kordinasi dengan instansi terkait.

“Jangan lupa tetap kordinasi dengan pemerintah baik pemerintah Desa atau Kelurahan, Kecamatan, maupun Pemerintah Kabupaten, agar selalu memantau dan siaga terhadap kemungkinan bencana dan ketika ada bencana, agar secepatnya dapat ditangani”, ujarnya.

Janis pun berharap kesiapsiagaan dijaga serta tetap tenang. Selain meminta masyarakat berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah, juga mengimbau agar masyarakat terus memantau dan informasi seputar cuaca melalui BMKG baik melalu media massa maupun media sosial. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *