IMG-20240501-WA0019

O2SN Tingkat SD dan SMP Se Kabupaten Sitaro Dibuka

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat SD Dan SMP Se-Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Sekda, dr. Samuel E. Raule, M.Kes, mewakili Bupati Kepulauan Sitaro.

IMG-20240227-124711

Adapun O2SN se Kabupaten Sitaro ini diselenggarakan mulai 12 – 14 Juli 2023. Pembukaan ditandai dengan penyamatan kartu tanda peserta secara simbolis, oleh Asisten Administrasi Umum Sekda.

Dalam sambutannya dr. Samuel E. Raule, M.Kes, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berpartisipasi dan berkompetisi secara sehat.

“Disamping itu kegiatan ini juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik yaitu belajar bekerja sama mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai Fair play (jujur bersahabat, hormat dan bertanggung jawab) yang ada pada setiap perlombaan/pertandingan cabang olahraga pada O2SN ini, “kata Asisten III.

Selain itu juga mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). O2SN tingkat nasional ke-XVI Tahun 2023 merupakan salah satu peran dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi guna memajukan olahraga Indonesia dalam kancah internasional pada perhelatan olimpiade dunia.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas
Pendidikan Kabupaten Kepulauan Sitaro Budiarto Mukau, menyampaikan O2SN merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi peserta didik untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri dan tanggung jawab serta mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga. Melalui kegiatan O2SN diharapkan akan ada terjalin persatuan dan kesatuan antar peserta didik, “tukas Kepala Dinas.

Senada dengan itu Kepala Bidang Pemuda dan Olah Raga Devis Kiroh menuturkan bahwa pelaksanaan O2SN tingkat SD dan SMP se Kabupaten Sitaro ini berdasarkan seleksi dari sekolah, kecamatan dan lanjut ke tingkat kabupaten yang yang diikuti oleh beragam peserta.

“Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Tahun 2023 diikuti oleh 48 peserta diataranya Atletik Kids (SD): 11 peserta (laki-laki 6 orang, Perempuan 5 orang), Atletik SMP: 24 (laki-laki 13 orang, Perempuan 11 orang),Karate SD : 1 peserta (perempuan) Karate SM: 2 peserta (aki-laki 1 orang), (perempuan 1 orang). Serta bulutangkis SD: 2 Peserta (laki-laki 1 orang), (perempuan 1 orang) Bulutangkis SMP: 8 Peserta (laki-laki 4 orang), (perempuan 4 orang), “jelasnya.

Ia berharap dengan terlaksananya kegiatan ini bisa melahirkan atlet-atlet terbaik, bibit-bibit unggul dari semua cabang olahraga.

“Harapannya kepada generasi muda, tentunya selain peningkatan olahraga di Kabupaten Sitaro juga melatih siswa untuk ada mental dalam bertanding sehingga kedepannya bisa mengikuti kegiatan yg lebih besar baik Prprov, PON dan lainnya, “tambahnya.

Kabid menambahkan sebagaimana komitmen bersama, anak-anak yang memiliki bakat khusus di bidang olahraga dari SD dan SMP dari semua cabang olahraga, ini didata serta diambil data dan informasi untuk direkrut secara baik.

“Tentunya dengan tujuan kegiatan selain pengembangkan bakat kita akan mencari siswa yang berprestasi di bidang olahraga masing-masing, “beber Devis.

Lebih lanjut, Nus B. Sinsu coach INKAI Ranting SMPN 1 Ulu Siau mengapresiasi kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Sitaro ini.

“Patut diapresiasi kegitan ini, yang merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah kepada generasi muda untuk mengembangkan talenta di bidang olahraga. Sehingga hal ini sangat memotivasi anak-anak kedepan dalam berkompetusi secara sehat untuk meraih prestasi, “katanya.

Dari cabang olahraga Karate sendiri, ia mengungkapkan telah mempersiapkan atlet-atletnya untuk bertanding dalam Olimpiade tersebut.

“Dengan harapan semoga dengan latihan rutin setiap hari dalam mempersiapkan pertandingan yang akan dijalani salah satunya O2SN ini sekurang-kurangnya bisa meraih prestasi sampai ke tingkat provinsi bahkan lebih lagi, “tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Protokol Setda Harold Kalangit, Kepala Dinas Pendidikan, Budiarto Mukau, SE, serta beberapa pejabat lainnya di lingkup Pemkab Kepulauan Sitaro, Kepala Sekolah SD dan SMP, serta para Official. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *