IMG-20240501-WA0019

Warga Dusun Nambadia Geruduk Kantor Bupati Humbahas

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Puluhan warga Dusun Nambadia Desa Sihas Tonga Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Provinsi Sumatera Utara berunjukrasa di depan kantor bupati Selasa (6/7/2021). Unjukrasa ini terkait pernyataan Bupati Dosmar Banjarnahor yang dinilai melukai perasaan warga.

IMG-20240227-124711

Puluhan warga bersama Aliansi Mahasiswa Kampus dan Generasi Muda Papatar (GENTAR) mendesak bupati mengklarifikasi pernyataannya itu.

Aksi ini berawal dari pernyataan
Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor pada saat peringatan HUT Bhayangkara Ke-75 yang viral di medsos.

Bupati mengomentari sebuah rekaman yang memperlihatkan warga berjalan membawa tandu. Dalam rekaman itu tampak seorang wanita bernama Siany Waruwu yang ditandu hendak pulang ke Dusun Nambadia sehabis melahirkan di Puskesmas Parlilitan, Humbahas.

Wanita tersebut terpaksa ditandu karena tidak tahan melalui jalan yang rusak sejauh 3,5 kilometer.

Pada komentarnya, Dosmar mengatakan kalau tidak ada orang didalam tandu itu. Hal ini membuat warga Dusun Nambadia tersinggung.

Padahal sebelumnya Wakil Bupati Humbahas, Oloan Nababan sudah mengunjungi keluaga Siany Waruwu.

“Kami minta Bupati Dosmar Banjarnahor memberikan klarifikasi atas pernyataan dan menjelaskan secara langsung,” kata Koordinator Aksi, Moder Hasugian.

Aksi warga ini ditemui Sekda, Tony Sihombing karena Bupati Dosmar tidak berada di kantor. Tony berjanji akan menyampaikan aspirasi warga kepada Bupati Dosmar Banjarnahor.

Tidak puas atas jawaban Sekda, para warga ini pun menyambangi rumah dinas Bupati. Namun kehadiran mereka dihadang oleh Satpol PP sehingga warga memanjat pagar rumah dinas bupati.

Moder Hasugian sangat menyeslkan pernyataan Bupati yang seakan menghina warganya sendiri. Moder Hasugian menambahkan, jika dalam 3×24 jam tidak ada klarifikasi dari Bupati maka warga akan melakukan aksi yang lebih besar lagi.

Sementara itu Siany Waruwu mengaku sangat kecewa atas pernyataan bupati. Ia mengatakan, dirinya benar-benar ditandu karena tidak kuat berjalan akibat jalan rusak.

Informasi yang diperoleh, Bupati Dosmar dikabarkan tengah sakit. (Jamarlin Saragih)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *