IMG-20240501-WA0019

HUT Bhayangkara, AKBP Taufik Hidayat Tekankan Isu Nasional dan 7 Instruksi Kapoldasu

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

Kepolisian Resor Toba menggelar upacara HUT Bhayangkara Ke-77 yang dipimpin Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb bertempat di Lapangan Apel Mapolres Toba, Sabtu (1/7/2023).

IMG-20240227-124711

Kali ini HUT Bhayangkara bertemakan “Polri Presisi untuk Negeri Pemilu Damai menuju Indonesia Maju”.

AKBP Taufiq Hidayat membacakan amanat dari Kapolda Sumut mengatakan perkembangan lingkungan strategis yang disebabkan oleh tensi geopolitik global, konflik Rusia dan Ukraina serta transisi Pandemi Covid 19 telah menimbulkan berbagai permasalahan.

Diantaranya kelangkaan dan kenaikan harga pangan serta energi yang menyebabkan tingginya angka inflasi.

“Selain itu di tahun 2023 ini, kita akan menghadapi tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 dan potensi bencana alam akibat perubahan iklim” ucap mantan Pamen Banintelkam Polri tersebut.

Akibat permasalahan tersebut sangat mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat di dalam negeri yang berpotensi menyebabkan gangguan stabilitas ekonomi dan ketertiban masyarakat. Oleh karena itu, Polri harus memiliki sensitivitas dalam menghadapi kondisi ini. Dengan memahami perasaan masyarakat dan memiliki “Sense Of Crisis” sesuai dengan arahan bapak Presiden RI bahwa para pimpinan Polri harus dapat melaksanakan kerja makro dan mikro sebagai implementasi di lapangan.

Demikian juga yang tidak kalah penting adalah sinergitas Pemerintah, Polri, TNI, dan seluruh stakeholder lainnya harus terus terjaga sehingga dapat saling mengisi dan mengerahkan seluruh kekuatan mulai dari satuan tingkat Pusat dan kewilayahan (Polda, Polres dan Polsek) untuk bahu membahu menyelesaikan setiap permasalahan yang di hadapi masyarakat, ucap Taufik.

Situasi keamanan di wilayah Sumut tahun 2023, telah terpelihara dengan baik hal ini dapat terwujud atas kerjasama yang baik antara Polda Sumut dengan jajaran TNI dan stakeholder terkait dalam beberapa operasi yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2023 antara lain Operasi Barita Toba 2023, Operasi Hopal Toba 2023, Operasi Keselamatan Toba 2023, Operasi Pekat Toba 2023 dan Operasi Ketupat Toba 2023.

Ditahun 2023 Polda Sumut telah berhasil meraih beberapa penghargaan. Diantaranya penghargaan peringkat I Koordinator Pengelola anggaran terbaik Kementerian/Lembaga tingkat wilayah kategori Pagu besar dari Kanwil DJPB provinsi Sumatera Utara, Penghargaan atas peran aktif dalam upaya perlindungan dan rehabilitasi Mangrove dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Kapolda Sumut, dan Penghargaan Kompolnas Awards Tahun 2023 sebagai Polda terbaik kelompok A yang meliputi penilaian dalam berbagai aspek penyelenggaraan pengawasan operasional dan pembinaan.

Pada kesempatan itu Kapolda juga menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas kepada seluruh personil Polda Sumut yaitu :
1. Terus tingkatkan kualitas SDM
2. Strategi Pemolisian Proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat
3. Terus tingkatkan kualitas Pelayanan publik yang modern secara konsisten dan berkelanjutan
4. Tingkatkan Profesionalisme dalam penegakkan hukum
5. Perkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri
6. Pelajari dan dalami segala potensi kerawanan dan potensi konflik dalam setiap pentahapan Pemilu 2024
7. Dukung dan kawal setiap kebijakan pemerintah dan upaya pemulihan ekonomi Nasional.

“Sesuai dengan tema Polri Presisi untuk Negeri, Pemilu damai menuju Indonesia Maju, kami Polres Toba siap mengamankan Pemilu yang aman dan damai,” Kata AKBP Taufiq Hidayat

Hadir dalam upacara Bupati Kabupaten Toba Ir Poltak Sitorus, Sekda Kabupaten Toba Augus Sitorus, Wakapolres Toba AKBP Lamin S.Pd, Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf K Napitulu, Wakil Ketua MUI Kabupaten Toba H Imran Napitupulu, Kapolsek jajaran Polres Toba, Camat Porsea, Camat Siantar Narumonda, Camat Silaen, Camat Lumban Julu, OPD Kabupaten Toba, PJU Polres Toba, Para Kasat, Para Kabag, Para Kasie dan seluruh personil Polres Toba serta Koramil jajaran Kodim 0210/TU se Kabupaten Toba

Usai upacara, Kapolres bersama Bupati Toba dan Forkopimda memberikan sertifikat Polisi Cilik (Pocil) SD Katolik Fransisko Balige yang merupakan binaan Polres Toba karena meraih juara Harapan II di Tingkat Polda Sumatera Utara.

Dilanjutkan dengan acara pemotongan kue HUT Bhayangkara dan hiburan pembagian hadiah perlombaan yang diadakan Polres Toba.(Berlin Yebe)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *