IMG-20240501-WA0019

Partogam Sumut Miliki Pusat Pembibitan dan Persemaian di Desa Hutagurgur

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Lahan seluas 2,5 hektar milik keluarga Ompu Mateus Manullang di Desa Hutagurgur, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bakal disulap menjadi Pusat Sumber Benih dan Persemaian (Nursery) oleh Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

IMG-20240227-124711

Selain pembibitan, Partogam Sumut juga sedang menginventarisir usaha-usaha milik keturunan Raja Simanullang untuk bersinergisitas menjadi kekuatan ekonomi yang saling melengkapi.

Lokasi telah ditinjau oleh Ketua Umum Partogam Sumut Dr. Sanco Simanullang, Ketua Partogam Humbahas Dr. Pardomuan Manullang, Wasekum Ramsus Manullang, Lambok Manullang dan pemilik lahan diwakili Burhan Simanullang, Ramson Simanullang dan Guarda Simanullang.

“Ini akan menjadi zona pembenihan, zona kelola pomparan, zona Diklat, dan zona pengembangan usaha. Ini adalah salah satu calon lokasi pembibitan yang ingin kita persiapkan,” kata Ketua Umum Partogam Sumatera Utara Dr. Sanco Simanullang saat meninjau lahan di Desa Hutagurgur, Minggu (25/6/2023).

Sanco berharap bulan Agustus 2023 sudah ada MoU dengan sejumlah pemilik lahan dan para kalangan usaha pendukung. “Kita harapkan nanti dari sini akan bisa diproduksi ribuan bibit, berbagai jenis bibit sesuai kebutuhan setempat,” ucapnya optimis.

Bibit-bibit tersebut akan disebar ke berbagai lokasi yang kurang produktif, terutama di Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Tentu kita berharap ada juga fungsi-fungsi ekonomi sehingga disarankan agar ditanam tanaman yang punya fungsi ekonomi dan ekologi kawasan Danau Toba,” tandasnya.

Mulai 2023 ini, Partogam Sumut diharapkan akan membangun setidaknya 3 lokasi pembibitan. Namun, masih melacak lokasi milik keturunan Raja Simanullang yang secara sukarela bersedia pinjam pakai lahan dalam periode yang tertentu.

“Ayo, para pomparan pemilik lahan tidur, kita MoU kan pinjam pakai lahan. Ditunggu,” katanya.

Sementara, Ketua Partogam Humbahas Dr. Pardomuan Manullang mengungkapkan siap mendampingi penguatan perekonomian khusus nya pembibitan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Pada pelantikan Ketua Partogam Kecamatan bulan Agustus 2023, kita harapkan segera launching juga usaha usaha produktif,” ujar mantan Camat Dolok Sanggul.

Sementara itu, pemilik lahan Keluarga Ompu Mateus Manullang diwakili Burhan Manullang, Ramson Manullang dan Guarda Manullang mengungkapkan siap memberikan peminjaman dan pemakaian lahan untuk kemajuan Pomparan Partogam Sumut.

“Pada prinsipnya kita dari keluarga setuju pinjam pakai. Semoga sukses kedepannya,” ungkap pengusaha yang tinggal di Jakarta. (Bonni)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *