Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Dapat Pengaduan, Sadarita Purba Tinjau Jembatan Palitokan

IMG-20240409-WA0076

Sergai, TRIBRATA TV

Janji tinggal janji,kalimat inilah yang mungkin lebih pantas disematkan kepada nasib para petani Palitokan Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

IMG-20240227-124711

Sebab sudah hampir tiga tahun jembatan tempat mereka menyeberangkan hasil pertanian untuk dijual ke toke,tak kunjung mendapat perbaikan dari Pemerintah Kabupaten Sergai atau dinas terkait.

Para petani di Palitokan menuturkan semenjak kondisi jembatan Palitokan rubuh dan rusak parah,sudah pernah dilaporkan dan semenjak itu ada beberapa kali dilihat para petani ada yang datang meninjau kondisi jembatan.

Namun sampai hari ini buktinya jembatan tak kunjung ada perbaikan. “Dulu gak ingat pastinya tahun berapa,ada datang berapa kali, lain lain orangnya meninjau jembatan kemari. Terakhir kalau tidak salah yang datang kemari katanya dari BPBD pusat gitu, didampingi pihak kabupaten mungkin, soalnya udah lama,lupa lupa ingat gitu persisnya. Tapi buktinya sampai sekarang gak ada realisasinya,” ungkap kompak petani Palitokan dengan raut wajah kecewa.

Bahkan sahut salah seorang petani, kondisi jembatan Palitokan ini juga sudah pernah beberapa kali dimuat dalam pemberitaan media online,namun juga tidak mendapat tanggapan.

“Kita sangat kecewa ya dengan lambannya pemerintah memperbaiki jembatan kami ini, sebab kami mendengar Pemkab Sergai dalam beberapa tahun ini sudah banyak membangun jembatan dimana mana,bahkan dengan anggaran tidak sedikit. Sementara jembatan Palitokan ini menurut kami tidak begitu banyak biayanya, malah kami dengar kalau perbaikan jembatan ini sudah dialihkan ke BPBD pusat,ya gak apa apa sih,cuman masalahnya realisasi nya sampai sekarang gak ada,” sebut warga petani kembali dengan sedikit nada agak tinggi.

Mendengar keluh kesah yang disampaikan warga petani ini,Kabiro media TRIBRATA TV, Nurhakim Sitanggang yang juga berdomisili di Kecamatan Sipispis, mencoba menyampaikan situasi dan kondisi ini kepada Sadarita Purba, Anggota DPRD Sergai,dari fraksi Gerindra daerah pemilihan IV,yang juga putra dari Kecamatan Sipispis.

Mendapat berita tersebut, Sadarita Purba langsung gerak cepat menanggapi. Dengan mengendarai sepeda motor, wakil rakyat yang juga dibesarkan dari keluarga petani ini,turun melihat langsung kondisi jembatan yang dilaporkan tersebut.

Dengan kondisi medan jalan yang menurun dan sedikit curam untuk sampai kelokasi Sadarita rela mengabaikan keselamatannya sendiri.

“Waduh kok bisa sampai selama ini ya, saya baru diberi tahu ada jembatan yang rusak separah ini,” ucap Sadarita heran sambil meminta kondisi jembatan di foto dan dikirim ke wa pribadinya.

Di lokasi ia bertemu beberapa warga petani yang akan kembali pulang dari ladang. Ia sempat melihat bagaimana petani menguji adrenalinnya ketika akan melewati jembatan yang sudah tidak dalam posisi semestinya alias miring dan lantai jembatan sudah sejajar dengan air sungai.

Selip sedikit ukuran sepeda motor yang dikendarai dan buah sawit yang dibawa akan terjun kedalam sungai. Peristiwa ini sudah sering terjadi menurut pengakuan petani saat anggota dewan tersebut bertanya kepada mereka.

Kepada para petani yang saat itu bertemu di lokasi jembatan yang ditinjau nya Sadarita tidak berjanji apa apa. Namun dia menyampaikan akan menindak lanjuti masalah ini.

Ia mengaku akan mempertanyakan dulu kebenarannya apakah memang perbaikan jembatan Palitokan ini sudah dialihkan pemkab kepada BPBD pusat.

“Saya tidak ingin berjanji muluk muluk disini,namun saya akan berusaha menindak lanjuti terkait perbaikan jembatan ini, saya akan pertanyakan apakah benar bahwa pemkab sudah mengalih kan perbaikan jembatan ini kepada BPBD pusat,kalau nanti benar, maka saya akan kordinasikan kepada fraksi Gerindra di DPR RI,untuk membantu melobi BPBD pusat agar realisasi anggaran jembatan Palitokan ini cepat digulirkan,” jelas Sadarita kepada beberapa petani.

Diakhir pertemuan Sadarita memohon maaf kepada warga yang bertani di Palitokan karena baru mengetahui permasalahan jembatan yang rusak ini setelah bertahun tahun. Kalau seandainya dirinya mendapat informasi lebih awal dari dulu, ia mengatakan Insyallah mungkin jembatan ini sudah dikerjakan.
(hakim sitanggang)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *