Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Pemkab Nias Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

IMG-20240409-WA0076

Nias, TRIBRATA TV

Pemerintah Kabupaten Nias menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 114 Tahun 2022 di halaman perkantoran Kabupaten Nias, Jalan Maduma Hiliweto Kecamatan Gido, Jum’at (20/05/2022). 

IMG-20240227-124711

Tampak ikut dalam upacara, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai, SH.,MH, Forkopimda Kabupaten Nias, Kakan Kementerian  Agama Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias, para Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala OPD Lingkup Pemkab Nias, BUMD dan BUMN, TNI/Polri, dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Nias.

Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Damha, bertindak sebagai Inspektur Upacara yang membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Dalam pidatonya Menkoinfo mengatakan, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja tapi sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. 

Selain itu, peringatan ini bertujuan agar memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional juga sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional, hal ini sejalan dengan tema Hari Kebangkitan Nasional 2022 “Ayo Bangkit Bersama”.

Namun, di sisi lain di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

Pada sisi penanganan COVID-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 5.000 kasus (Data per 13 Mei 2022). 

Capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Namun demikian, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan

Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Mengutip ucapan Dr. Sutomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga.

Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat. (F/Lase)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *