Polres Aceh Tamiang Bagi Brosur dan Himbauan PMK

IMG-20240409-WA0076

Aceh Tamiang, TRIBRATA TV

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali, melalui Kasat Binmas AKP Simon Purba memberi himbauan kepada masyarakat terkait pencegahan wabah PMK (Penyakit mulut dan kuku) pada sapi, kerbau, kuda dan kambing yang mewabah di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

IMG-20240227-124711

Selain memberikan imbauan AKP Simon Purba juga membagikan brosur kepada peternak hewan di Tanah Terban Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (17/5/2022).

Pada kesempatan itu Simon, minta kalau ada gejala pada hewan ternak terindikasi PMK cepat langsung hubungi KESWAN terdekat. Ia juga minta agar peternak lebih memperhatikan terhadap ternaknya agar terhindar dari wabah PMK.

“Apabila terdapat ternak sapi atau hewan ternak lainnya yang sudah mati ambil tindakan secepatnya untuk dikuburkan untuk menghindari penyebaran wabah PMK,” kata Simon.

Menurutnya tanda klinis dan ciri-cirinya hewan ternak yang terkena Wabah PMK ini, seperti suhu badannya tinggi, keluar lendir berlebihan dari mulut sampai berbusa ada luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut juga lidahnya, dan pada kaki hewan mengalami pincang dan kaku juga kurang nafsu makan, badannya gemetaran, nafasnya pun terlalu cepat dan hewan itu pun tidak lama akan menjadi kurus.

“Pada hewan ternak yang mulai dapat gejala-gejala PMK tersebut, kalau hewannya mau dipotong paksa boleh dagingnya dapat dikonsumsi dengan dimasak pada temperatur di atas 70°C-80°C derajat selama 30 m, irgan-organ seperti jeroan dan kelenjar jangan dikonsumsi harus dimusnahkan atau dibakar dan ditanam,” tutup Simon. (H Lubis)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *