Hukum  

Bupati Dairi Bersama KPH XP dan BPKH Wilayah I Bahas Pencegahan Perambahan Hutan

IMG-20240409-WA0076

Dairi, TRIBRATA TV

Bupati Dairi Eddy Berutu memimpin rapat koordinasi lanjutan tentang upaya terintegrasi pencegahan dan pemberantasan perambahan hutan di wilayah Kabupaten Dairi, Selasa (10/5/2022).

IMG-20240227-124711

Turut hadir pada rapat ini Kapolres Dairi yang diwakili Kasat Reskrim AKP Rismanto Purba, Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang, Monita Honeisty Sitorus, Kepala KPH XV Solahuddin Lubis, Pernando Tobing dari BPKH Wilayah 1 Medan, H Ginting dari Gakkum KLHK Wilayah Sumatera Utara dan Anas Yulfan Lubis dari Dinas Kehutanan Provsu.

Kemudian Camat Silahisabungan, Camat Sumbul dan para kepala desa serta dari instansi dari Sumatera Utara ada KPH 15, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara dan TNI

Dalam diskusi yang sangat lama, dibahas agar kegiatan perambahan hutan tidak ada lagi. Selain itu dalam diskusi paling banyak dibahas soal perambahan kawasan hutan di Kecamatan Sumbul.

Dalam diskusi terungkap aksi perambahan kawasan hutan di Lae Pondom masih marak terjadi.

Menurut informasi yang didapat Bupati perambahan itu sudah sampai ke dekat kawasan Danau Toba tepatnya di Silahisabungan.

Bupati menghimbau untuk kawasan Danau Toba harus jadi prioritas. Berdasarkan Perpres tentang rencana tata ruang kawasan Danau Toba dan sekitarnya yang mengamanatkan kawasan lindung ke dalam zona lindung 1 yang merupakan kawasan yang memberikan perlindungan terhadap kawasan yang bertujuan mencegah terjadinya erosi dan sedimentasi.

Selain itu juga agar menjaga fungsi hidrologis tanah untuk menjamin ketersediaan unsur hara tanah, air tanah dan permukaan.

Kemudian memberikan ruang yang cukup bagi peresapan air hujan pada daerah tertentu untuk keperluan penyediaan kebutuhan air tanah dan penanggulangan banjir.

Dalam rapat tersebut, diputuskan rencana berikutnya membentuk tim terpadu yang terdiri dari TNI, Polres Dairi, Dinas Kehutanan Provsu, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, camat, para kepala desa dan tokoh masyarakat.(Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *