IMG-20240501-WA0019

Danrem 121/ABW Mediasi Permasalahan antara Warga dengan Kipan A Yonif 642/KPS

IMG-20240409-WA0076

Melawi, TRIBRATA TV

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Melawi Drs.Kluisen serta sejumlah kepengurusan ormas Dayak Kabupaten Melawi menerima kedatangan Komandan Korem 121/ABW Brigjen TNI Dr Ronny, di Pendopo rumah jabatan Bupati Melawi Sabtu (30/4/2022) siang.

IMG-20240227-124711

Kedatangan Danrem dan rombongan itu untuk koordinasi dan memediasi terkait peristiwa meninggalnya salah satu warga Melawi yang diduga dianiaya oleh oknum anggota Kompi 642 Kompi A Nanga Pinoh.

Brigjen TNI Ronny mengatakan sangat menyayangkan dan menyesalkan peristiwa tersebut dan menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak keluarga dan masyarakat DAD Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat.

“Kejadian itu tentu sangat tidak dibenarkan. Seorang prajurit TNI harus berlaku baik kepada semua elemen masyarakat serta ramah tamah dan menjunjung kode etik TNI”, ujarnya.

Menurut Danrem, pihaknya akan bertanggung jawab dan akan memberikan sanksi hukum kepada oknum anggota yang terlibat melakukan penganiayaan. Saat ini oknum itu telah diproses hukum militer.

“Kita juga akan bertanggung jawab, sanksi terberat akan kita proses baik hukum sipil, hukum militer dan hukum adat hingga ke pemecatan bila nantinya benar terbukti”, tegas Brigjen Ronni.

Dikatakan Danrem, kedua oknum anggota tersebut sudah melanggar kode etik institusi TNI dan saat ini sudah menjalani proses pemeriksaan.

Atas peristiwa tersebut DAD mengecam keras dan menyesalkan terjadinya penganiayaan tersebut.

Disebutkan Kluisen, DAD juga telah membentuk tim perumus untuk merumuskan sanksi adat berdasarkan ketentuan adat Dayak Kabupaten Melawi.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran semua ormas Dayak yang ada di Melawi, khususnya kepada Danrem 121/ABW dan rombongan yang telah berupaya menyelesaikan persoalan.

Ia mengingatkan mepada masyarakat untuk tenang karena saat ini proses mediasi telah dilakukan kedua belah pihak dan tuntutan keluarga telah di sampaikan dan terima oleh Danrem.

Turut hadir dalam pertemuan itu Bupati Melawi H. Dadi Sunarya UY, Dandim 1205/STG Letkol INF Kukuh, Danyon 642/KPS Letkol INF Andika, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, Wakil Ketua DPRD Hendegi Januardi UY, Sekda Melawi Paulus, seluruh pengurus ormas Dayak dan sejumlah tokoh masyarakat Dayak Kabupaten Melawi. (masudi)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *