IMG-20240505-WA0006

Partogam Sumut Dikukuhkan, Wadah Marga Manullang Sedunia

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Sumatera Utara resmi dideklarasi sekaligus pelantikan pengurus yang digelar di Senior Bakara Hotel Baktiraja (Bakkara) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara pada Senin (24/4/2023) kemarin.

IMG-20240227-124711

Diketahui, lokasi deklarasi dan pengukuhan ini tak jauh dari Istana Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII.

Sesuai dengan keterangan tertulis yang diterima TRIBRATA TV, Selasa (25/4/2023) malam, deklarasi dan pelantikan itu berjalan sukses dan lancar.

Dalam acara ini, tokoh Manullang yang mewakili 3 sub marga dari Pomparan Toga Manullang turut membacakan deklarasi.

Turut hadir secara daring perwakilan Kabupaten/Kota yang mewakili Sibolga Tapteng, Azwar Manullang (anggota DPRD Tapteng), Pdt. Martin Manullang, M.Th, M.M (HKBP Poriaha), Dr. Saroha Manullang, S.E, M.M (Kakanim Sibolga).

Sementara puluhan perwakilan dari Kabupaten Humbahas terlihat juga di lokasi. Sedangkan dari Kecamatan Baktiraja tempat pelaksanaan deklarasi hadir para tokoh Manullang dan kepala desa setempat.

Selain itu, sederet perwakilan daerah turut memeriahkan deklarasi seperti dari Samosir, Toba, Taput, Pematang Siantar, Padang Sidempuan, Deli Serdang, Kota Medan dan kabupaten lainnya.

“Dengan mengucap syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, kami Pomparan Toga Simanullang yang berdomisili di wilayah Sumatera Utara bersepakat untuk mendirikan perkumpulan yang dinamakan Parsadaan Toga Manullang atau Partogam Sumatera Utara sebagai wadah berkumpul dalam kasih dan persaudaraan. Kiranya Tuhan memberkati kita,” kata Drs. Marganti Manullang, M.M (Pamuharaja), mantan Wakil Bupati Humbang Hasundutan.

Saat membacakan deklarasi, Marganti Manullang terlihat didampingi Mangupar Manullang (Rajanapasang) dan Parsaoran Manullang (Tuan Delimang).

“Dan melantik saudara-saudara menjadi pengurus Partogam Sumut masa bakti 2023-2027. Apakah saudara-saudara bersedia berjanji melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab?,” tanya Marganti. “Bersedia,” jawab pengurus terpilih yang dilanjutkan dengan pembacaan janji.

Dr. Sanco Simanullang Pimpin Partogam Sumut
Ketua Tim Formatur Bontor Simanullang, S.Sos, MSP didampingi Jerry Edhy Manullang, S.E kemudian membacakan nama pengurus Partogam Sumut terpilih.

Ia menyebut, pengurus baru merupakan kesepakatan dari Tim Formatur yang merupakan utusan kantong-kantong marga Manullang di Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara.

Adapun pengurus terpilih, Ketua Umum (Ketum) Dr. Sanco Simanullang, S.T, M.T, IPM ASEAN Eng, Sekretaris Umum (Sekum) Bontor Simanullang, S.Sos, M.SP, dan Bendahara Umum (Bendum) Portim Manullang, S.IP., M.E.

Selepas pelantikan, Ketua Umum Partogam Sumut Sanco Simanullang dalam paparannya menjelaskan visi baru Partogam Sumut.

“Mewujudkan tingkat kesejahteraan keturunan marga Simanullang (Anak, Boru, Bere, Ibebere) yang lebih baik melalui kualitas manusia yang lebih tinggi, peningkatan ekonomi, dan semua bidang menjadi marga terbaik dari kekuatan marga Batak dan Indonesia,” jelas Sanco.

Ia juga menjelaskan tiga misi Partogam Sumut yakni pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, mendorong pembangunan ekonomi warga Partogam secara berkelanjutan dan pemantapan tata kelola dan ketahanan organisasi.

Sanco menyebutkan yang menjadi latar belakang pembentukan Partogam Sumatera Utara adalah untuk mempersatukan segenap potensi dalam meningkatkan kesejahteraan pomparan (keturunan) Toga Simanullang.

“Jangan lagi berkutat pada sesuatu yang kurang produktif. Jangan melulu berfokus pada silsilah tarombo,” pesannya.

Dikatakannya mencermati dinamika Pomparan Manullang masa lalu, kini dan kedepan penting adanya wadah bersatu sebagai pomparan satu darah.

“Sebagai bargaining power Partogam ditengah pusaran marga Batak dan usaha melepas pomparan belenggu permasalahan hidup pada aspek ekonomi, kesehatan, pendidikan dan politik lainnya,” ungkap dia.

Selain itu imbuhnya, Partogam Provinsi Sumut tidak dipungkiri sebagai wadah diskusi menyambut tahun politik 2024.

“Agar Pomparan Manullang lebih banyak lagi berperan diberbagai lapisan pengabdian dalam kancah lokal maupun nasional,” jelas Sanco.

Ia menyebut, pasca pelantikan akan lebih dahulu fokus untuk menyusun struktur organisasi dan rekrutmen pengurus tingkat Provinsi, menuntaskan hal-hal administrasi, penyusunan AD/ART, dan maraton membenahi kepengurusan tingkat Kabupaten.

Sanco atas nama pengurus baru juga menyampaikan terima kasih kepada segenap penasehat, Manajemen Senior Bakara Hotel, utusan Kabupaten/Kota dan seluruh pihak yang telah menyukseskan acara deklarasi.

Gerak Cepat
Ketua Umum Partogam Sumut Sanco Simanullang mengajak pengurus baru bergerak cepat.

“Direncanakan digelar rapat perdana hari Sabtu, 27 Mei 2024. Tempat kemungkinan di Tuan Nagani Paradise Humbahas,” katanya.

Kegiatan rapat perdana, jelas Sanco, akan dibalut pelantikan pengurus Provinsi dan Kabupaten secara lengkap.

Ia menghimbau pengurus di tingkat Kabupaten segera terbentuk dan bisa dilantik pada kegiatan rapat itu.

“Terima kasih kepada amang Dorgis Manullang yang berkenan memberikan fasilitas rapat, sukses kedepannya,” tutup Sanco. (bonni)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *