IMG-20240501-WA0019

Pembangunan Fasilitas Salib Kasih, Wujud Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Taput

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si meletakan batu pertama pembangunan fasilitas pengembangan Daya Tarik Wisata (DTW) Salib Kasih, Selasa (18/4/2023).

IMG-20240227-124711

Kegiatan diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin Ketua BKAG Taput Saor Hutagaol yang dilanjut dengan sambutan Bupati.

Nikson Nababan mengatakan pembangunan tersebut merupakan hasil perjuangan kepemimpinannya bersama Wakil Bupati untuk mendapatkan Dana Alokasi Khusus bidang Pariwisata untuk mewujudkan Visi Misi Kabupaten Tapanuli Utara sebagai daerah tujuan wisata.

“Pembangunan ini harus dapat memberikan dampak khususnya pada Kecamatan Siatasbarita, dan kiranya setelah selesai bisa membentuk kolaborasi dengan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). Kunci dalam sebuah wisata itu ada tiga Hal, yaitu apa yang dilihat, apa yang mau dibeli dan apa yang mau dimakan,” ujar Bupati.

Mungkin beberapa desa melalui UMKMnya menyediakan apa yang mau dibeli (dijual) dan desa lain apa yang mau dimakan serta apa yang mau dilihat adalah termasuk bangunan ini dan Salib Kasih.

“Mari kita bersinergi mewujudkan Visi Misi Kabupaten Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan, lumbung SDM yang berkualitas dan tujuan Wisata. Kepada camat dan para kepala desa sama-sama mengawasi betul pembangunan ini, jangan asal dibangun saja, harus bisa menjadi bangunan yang penuh daya rarik dan kokoh,” tegasnya.

Menurut Bupati, bangunan ini adalah aset bersama yang diharapkan membantu perekonomian Kabupaten Tapanuli Utara. “Mari kita kompak, berkarya dan berkelanjutan membangun Tapanuli Utara yang kita cintai ini,” harap Bupati.

Ia berharap bangunan ini nantinya bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung, bahkan bisa menjadi ikon wisata religi di Sumatera Utara terkhusus di Kawasan Danau Toba.

Sementara itu Kadis Pariwisata Sasma Situmorang dalam laporannya mengatakan kegiatan tersebut bersumber dari DAK Pariwisata dan pelaksanaan pelelangannya dilakukan melalui LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) dengan nilai kontrak antara lain, fasilitas rekreasi penunjang dengan penyedianya CV. Endurance senilai Rp3.900.609.902,61.

Lalu fasilitas umum, penyedianya CV.Chrisputra Perada dengan nilai Rp1.197.131.433,61. Fasilitas aksesibilitas penyedianya CV. Ilham Jaya Mandiri dengan nilai Rp706.196.345,06. Taman Wisata Olahraga, penyedianya CV. 3 G STAK dengan nilai Rp2.797.957.204,28.

Dan gedung Pusat Kreasi Destinasi Pariwisata dan pengadaan perlengkapannya dengan nilai Rp5.530.379.036,28.

Dengan dibangunnya fasilitas ini, akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi. “Terima kasih kepada Pak Bupati atas bimbingan dan arahannya sehingga Pemerintah Pusat mempercayai Pemkab Taput untuk mendapatkan DAK tahun 2023. Harapan kami juga di tahun 2024 kita bisa membangun fasilitas pariwisata yang lain di Kawasan Salib Kasih,” ungkap Sasma Situmorang. (Harapan.S/I.Putra Manurung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *