IMG-20240501-WA0019

BPBD Sitaro Bantu Makanan Siap Saji Untuk Warga Terdampak Erupsi

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), memberikan bantuan makanan siap saji kepada warga masyarakat terdampak Erupsi Gunung Ruang, di Pelabuhan Pehe Siau, Kamis (18/04/2024).

IMG-20240227-124711

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sitaro, Joickson Sagune melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Sonny Belseran mengatakan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan kepada warga yang terkena dampak erupsi Gunung Ruang Tagulandang.

Terkait dengan kondisi Gunung Ruang  yang terus mengeluarkan abu vulkanik bersama kerikil dan batu yang mengkhawatirkan keselamatan penumpang, maka pihak Syahbandar memutuskan agar semua penumpang dievakuasi ke pulau Siau untuk menghindar hal yang tidak diinginkan.

“Kami telah bagikan makanan siap saji kepada warga Tagulandang yang saat ini sedang berada di KM. Glorry Marry maupun KM. Barcelona dan bersandar di Pelabuhan Pehe. Para Penumpang ini awalnya akan turun di Pelabuhan Tagulandang, namun karena erupsi cenderung meningkat dengan material erupsi berupa abu disertai lontaran batuan pijar yang mencapai jarak sekitar 5 km di pulau Tagulandang, maka penumpang dengan rute Manado-Tagulandang tidak diturunkan di Pelabuhan Tagulandang, dengan alasan keselamatan, “tuturnya.

Ada sebanyak sekitar 200 lebih kotak makanan siap saji yang dibagikan baik di KM. Glory Mary dan KM. Barcelona, dengan total 150 lebih penumpang.

Saat ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah resmi menaikkan status Gunung Ruang di Tagulandang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro menjadi level IV atau Awas.

Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menetapkan Status Tanggap Darurat selama 14 hari terhitung mulai tanggal 16 – 29 April 2024. BPBD Kabupaten Sitaro dan BPBD Provinsi Sulawesi Utara memberikan bantuan berupa 123 lembar tikar, 120 pcs selimut dan 400 lembar masker. BPBD melakukan kaji cepat, evakuasi dan penyiapan sarana evakuasi di Kecamatan Tagulandang. 

Pemerintah daerah telah mempersiapkan personil di lapangan terdiri dari BPBD, perangkat Kecamatan Tagulandang, perangkat Kampung,  Kelurahan, SatPol PP,  Damkar dan Dinkes dengan total sebanyak 30 personil.

Pada Rabu (17/4/2024) BASARNAS Manado sudah tiba di Tagulandang dengan KM. BIMASENA dengan kekuatan personil 20 (ABK 15, Rescuer 5).

IMG-20240310-WA0073