IMG-20240501-WA0019

Bupati Nias Barat Resmikan Pasar Rakyat Lahusa

IMG-20240409-WA0076

Nias Barat, TRIBRATA TV

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely meresmikan Pasar Rakyat di Desa Lahusa Sirombu pada Jumat (16/4/2021).

IMG-20240227-124711

Kedatangan bupati disambut Fangowai oleh para tokoh adat desa dan pesisir Sihene’asi.

Dalam sambutannya, Bupat mengajak masyarakat Pesisir Sihene’asi untuk menjaga dan merawat Pasar Rakyat terutama sisi keamanan dan sterilisasi lingkungan.

“Kejujuran adalah hal utama agar masyarakat merasakan dampak positif dan meningkatnya taraf ekonomi masyarakat. Daerah pesisir Sihene’asi ini telah diberkati karena kawasan yang subur,” kata Bupati.

Dikatakannya, ada tiga destinasi wisata di wilayah ini yaitu, Fari’i Beach, Falaete Beach dan Kamadu Beach.

“Tahun 1970 an wilayah Lehusa ramai karena menjadi pusat perdagangan terutama komoditi kelapa dan hasil bumi,” ujarnya lagi.

Karena itu, ia mengaku akan memperjuangkan berdirinya sekolah menengah atas di wilayah ini dan berharap lahannya bisa disiapkan.

“Kepada warga yang telah menghibahkan lahannya untuk pertapakan Pasar Rakyat, kami ucapkan terimakasih, semoga menjadi berkat kepada bapak ibu sekeluarga,” kata Bupati.

Dalam nama Tuhan Allah, dalam nama Yesus Kristus dan dalam nama Rôh Kudus kita buka secara resmi Pasar Rakyat ini, ujar Bupati.

Sebelumnya Fatohu Hia mewakili DPRD Nias Barat Fatohu Hia, menjelaskan Desa Lahusa pernah menjadi pusat perbelanjaan pada tahun 1970-an dan dikunjungi oleh daerah lain dari Kecamatan Lölöwa’u.

Bahkan kapal dagang dari Padang dan Sibolga berlabuh di perairan Lahusa saat itu. “Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat pesisir Sihene’asi harus menjaga keamanan para pedagang dan pengunjung,” tutur Fatohu Hia.

Diketahui Pasar Rakyat “Faondato Sihene Asi” dibuka setiap hari Jumat mulai pukul 06.00 WIB s/d – 18.00 WIB karena merupakan hari Pekan. (Sabar) 

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *