IMG-20240505-WA0006

Kantor UPP Kelas III Ulu Siau Gelar Program Padat Karya

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut
Kementerian Perhubungan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Ulu Siau merangkul puluhan masyarakat dalam program Padat Karya. Pembukaan kegiatan Padat Karya 2024 ini dilaksanakan di Pelabuhan Pehe pada Kamis (4/04/2024).

IMG-20240227-124711

Bertindak selaku Inspektur Apel
Kepala Kantor UPP Kelas III Ulu Siau, Capt. Steady Lantang, S.H, M.AP M. Mar, Komandan Apel Demestrius Vinaung, S.M, Pengarah Acara Hanny Neghe, A. Md, Pembaca Laporan Kegiatan Padat Karya Yolan Harinda, S.E dan ajudan Tonix Mangadil serta turut dihadiri Kapolsek Siau Barat, Kapitalau Kampung Pehe, Pdt Tati Tumandung, Pegawai dan PPNN serta masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini.

Steady Lantang menyebutkan Padat Karya ini merupakan komitmen untuk meningkatkan perekonomian dan mendorong produktivitas masyarakat terutama yang tidak memiliki keahlian khusus atau pekerjaan serta berpenghasilan tidak menentu.

“Intinya kami dari Kementrian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Unit Penyelenggara Kelas III Ulu Siau melaksanakan program padat karya yang merupakan arahan pimpinan sekaligus kami membantu masyarakat yang berada di sekitar pelabuhan tempat kami bekerja. Hari ini kami mengakomodir masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan tetap dan itu adalah salah satu program sehingga kami bisa memberdayakan ataupun bisa membantu masyarakat yang tidak berpenghasilan tetap, untuk membantu pemulihan ekonomi bagi masyarakat dimana kantor atau pelabuhan itu berada, “tuturnya.

Program Padat Karya ini dilaksanakan selama 2 hari terhitung mulai 4 – 5 April 2024 yang diikuti oleh 30 warga sekitaran Pelabuhan Pehe.

“Adapun sumber anggaran dari APBN Tahun 2024, pekerjaan yang dilakukan yaitu meliputi pengecatan prasarana fasilitas pelabuhan dan pembersihan lingkungan di sekitaran pelabuhan Pehe Siau, “ucapnya.

Capt. Steady Lantang menambahkan
kegiatan seperti ini akan dilaksanakan secara berkala di setiap wilayah kerja dibawah naungan Kantor UPP Kelas III Ulu Siau.

“Jadi kedepan untuk kegiatan padat karya berikutnya kami akan menyasar ke lokasi yang lain misalnya pelabuhan Ulu Siau, Sawang atau pelabuhan lainnya karena kami membawahi beberapa pelabuhan diantaranya Tagulandang, Biaro, Makalehi, dan pasti berikutnya akan sampai di wilayah tersebut, “tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kapolsek Siau Barat AKP Rudolf Lumandung mengapresiasi kegiatan Padat Karya tersebut. Menurutnya hal ini sangat membantu masyarakat.

“Ini merupakan suatu kegiatan yang luar biasa yang dilakukan oleh Kementrian Perhubungan, khususnya Dirjen Perhubungan Laut Kantor UPP Kelas III Ulu Siau dalam hal giat padat karya itu, dengan melakukan pembangunan pekerjaan menggunakan tenaga manusia, tidak menggunakan alat-alat berat jadi khususnya kepada masyarakat yang ada di sekitar yang mungkin tidak punya pekerjaan, diambil, direkrut supaya mereka punya pekerjaan, ini luar biasa dan perlu dilakukan oleh banyak orang,” kata Kapolsek.

Dengan melibatkan dan memberdayakan masyarakat sekitaran Pelabuhan Pehe melalui program padat karya ini, ekonomi masyarakat bisa terbantukan. Selain itu, kegiatan padat karya di lingkungan Kantor UPP Kelas III Ulu Siau ini juga sebagai langkah pengembangan kantor dan upaya menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000