IMG-20240501-WA0019

Kapolda Kalsel Lepas Armada Mudik Gratis

IMG-20240409-WA0076

Banjarmasin, TRIBRATA TV

Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) memfasilitasi warga yang ingin mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

IMG-20240227-124711

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi mengatakan dalam keterangan Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto disampaikan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, sebanyak 19 armada mudik gratis resmi dilepas, Jumat (5/4/2024) di Lapangan Apel Polda Kalsel, Banjarmasin.

Antusias warga yang memanfaatkan mudik gratis Polri Presisi tahun 2024 Polda Kalsel ini pun nampak terlihat dengan jumlah penumpang sebanyak 512 orang. Tidak hanya memfasilitasi armada mudik gratis, Polda Kalsel juga menyiapkan layanan kesehatan bagi penumpang maupun para sopir bus yang diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat mengantarkan warga yang mudik.

Kapolda menerangkan, ada dua jalur lintas Kalsel untuk mudik gratis kali ini, yakni wilayah utara melintasi Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Kemudian wilayah Tenggara atau pesisir melintasi Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Terkait arus balik, menurutnya akan dibahas kedepannya dengan instansi dan stakeholder lainnya karena bukan tidak mungkin pada saat arus balik juga akan disiapkan armadanya untuk mengurangi angka kecelakaan.

“Mudik gratis, Polda Kalsel hanya hari ini saja, sambil melihat animo dari masyarakat, apabila masih banyak maka kita akan memfasilitasi kembali seperti saat ini,” pungkasnya.

Pelepasan armada mudik gratis ini mendapat sambutan hangat masyarakat, yang merasa terbantu dengan adanya layanan ini dalam merencanakan perjalanan mudik mereka. Mereka berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan setiap tahunnya.

Dengan adanya dukungan dari Polda Kalsel dalam menyediakan armada mudik gratis, diharapkan dapat mengurangi beban biaya perjalanan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam berkendara, sehingga perayaan Idul Fitri dapat dirayakan dengan penuh kebahagiaan dan kedamaian bagi seluruh masyarakat.

Dalam acara tersebut, turut hadir Ketua DPRD Kalsel, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan, Irwasda Kombes Pol Turman Sormin Siregar serta Pejabat Utama Polda Kalsel, Kepala Cabang Jasa Raharja dan Sekdishub Provinsi Kalsel.

IMG-20240310-WA0073