IMG-20240501-WA0019
Hukum  

Kapolda Sumut: Bripka Arfan Saragih Tewas Bunuh Diri, Motif: Masalah Penggelapan Pajak

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Tim Polda Sumatera Utara menyimpulkan kematian Bripka Arfan Saragih (AS) yang mayatnya ditemukan di Dusun Simullop, Desa Siogung Ogung Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir pada Senin (06/03/2023) akibat meminum racun sianida yang dipesannya secara online.

IMG-20240227-124711

Hal tersebut disampaikan Kapolda Sumut, Irjen Pol. RZ.Panca Putra Simanjuntak pada konfrensi pers di Aula Tribrata Markas Polda Sumatera Utara, Selasa (04/04/2023) sekira pukul 21.00 WIB malam.

Ia menyebutkan, kesimpulan itu didapat setelah Tim Polda Sumatera Utara yang dibentuk bekerja secara marathon selama sepuluh hari dengan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), memeriksa 274 saksi, melakukan analisa IT pada ponsel korban dan pemeriksaan oleh 11 ahli.

Dikatakannya tim memperoleh lima kesimpulan yang mendasar.

“Penyebab matinya Bripka Arfan Saragih adalah karena masuknya sianida ke saluran makan hingga lambung dan saluran pernafasan. Tidak ada ditemukan tanda-tanda kekerasan pada korban. Sianida yang digunakan dibeli secara online melalui aplikasi Shopee dari Toko Friza Tani Bogor,” katanya.

Kapolda juga mengungkap motif korban bunuh diri. “Motifnya karena masalah penggelapan yang dihadapi,” katanya.

Terkait adanya luka benturan tumpul disebabkan saat terjatuh usai minum racun sianida kepala korban membentur ke benda sekitar.

Menurutnya, untuk kasus penggelapan pajak senilai Rp2,5 miliar, tim Polda Sumatera Utara juga sudah menetapkan 5 tersangka dari (UPT) Samsat Pangururan Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

“Tim penyidik sedang mencari keberadaan Edgar Tambunan alias Acong dan untuk kerugian pajak, kita minta UPT dan Dispenda untuk mencari jalan penyelesaian,” tutur Kapolda.

Diketahui Bripka Arfan Saragih, Anggota Polres Samosir bertugas di Samsat Pangururan Kabupaten Samosir.

Mendengar kesimpulan itu, pihak keluarga dan Penasehat Hukumnya kecewa dan akan menempuh jalur hukum untuk mengungkap kebenaran kematian itu. (edrin/r)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *