IMG-20240501-WA0019

824 Item Usulan Dibahas Dalam Musrenbang Nias Selatan

IMG-20240409-WA0076

Nias Selatan, TRIBRATA TV P

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 Kabupaten Nias Selatan, di Aula Katolik St. Andreas Pulau Tello pada Rabu (31/3/2021).

IMG-20240227-124711

Musrenbang tingkat kabupaten tersebut dibuka Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH. Dalam arahannya ia menyampaikan RPJMD Kabupaten Nias Selatan Tahun 2016-2021 akan segera berakhir.

“Maka, sejalan dengan itu diharapkan penyusunan rancangan RKPD Kabupaten Nias Selatan Tahun 2022 disesuaikan dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih,” harap Hilarius Duha.

Sementara tema Musrenbang RKPD Tahun 2022, adalah: “Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Masyarakat menuju Nias Selatan Maju dan Sejahtera”.

Tema itu sejalan dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, yaitu Visi: Nias Selatan Maju dan Masyarakat Sejahtera.
Sedangkan Misi: Menciptakan kultur dan karakter yang bersih, jujur, transparan dan berorientasi pada pelayanan; Melakukan pemerataan pembangunan dengan skala prioritas; Meningkatkan sumber daya manusia yang sehat, berkualitas, berdaya saing, serta kreatif dan inovatif; Mengembangkan perekonomian masyarakat yang produktif dan tidak konsumtif; dan Memberi rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat.

Mewakili tokoh masyarakat, Falua Laowo, menyampaikan Pemkab Nias Selatan telah melaksanakan Pembangunan dari berbagai sektor.

“Diharapkan agar kedepan pembangunan di berbagai sektor ini dapat dilanjutkan, terutama di sektor pertanian dan perikanan guna memulihkan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19,” harap Falua Laowo.

Sedang Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan yang diwakili Ketua Komisi II, Asazatulo Giawa menyambut baik pelaksanaan Musrenbang tersebut.

Ia mengharapkan penetapan program prioritas pembangunan tahun 2022 dapat mengakomodir usulan-usulan hasil Musrenbang Desa dan Kecamatan, termasuk pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Nias Selatan.

Berikutnya, sambutan Gubernur Sumut yang disampaikan Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Dr. Ir. Hasmirizal Lubis,M.Si., via virtual mengharapkan Musrenbang ini dapat menyepakati hal-hal strategis guna pemulihan ekonomi masyarakat. Mengakhiri sambutannya mengucapkan selamat bermusyarah semoga dapat berjalan dengan baik serta mematuhi protokol kesehatan.

Musrenbang RKPD Tahun 2022 sebagaimana dijelaskan oleh Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Nias Selatan, Abdiel Sonasa Amazihono,SSTP.,M.Ec.Dev., merupakan tindak lanjut hasil Musrenbang RKPD di 35 Kecamatan dari tanggal 10 Februari-16 Maret 2021 dengan total usulan sebanyak 824 item.

Musrenbang tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda, Ketua dan Anggota DPRD, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat, Kepala Bagian dan para ASN serta tokoh masyarakat dan tokoh agama, LSM dan Pers. (Luaha/Tim)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *