IMG-20240501-WA0019

Kepala BPPBD Sulut Buka Rakor Penyusunan Program Prioritas Pembangunan Kawasan Perbatasan 2025-2029

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Provinsi Sulawesi Utara menggelar Rapat Koordinasi Usulan Program dan Kegiatan Prioritas Pembangunan Kawasan Perbatasan Tahun 2025-2029 pada Kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri), bertempat di Auditorium Kantor Bupati, Kamis (14/03/2024).

IMG-20240227-124711

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang diwakili Kepala BPPBD Sulut Djemi Gagola.

“Saya juga ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, yang terus bersinergi dan berkomitmen untuk menyelenggarakan, memfasilitasi, bahkan menyukseskan program jangka panjang ini,” tutur Kepala BPPBD Sulut.

Lebih lanjut dijelaskan kehadiran mereka disini dengan tujuan yang mulia, yaitu untuk bersama-sama merumuskan program dan kegiatan prioritas pembangunan kawasan perbatasan di Kecamatan Lokpri untuk lima tahun mendatang, khususnya di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

“Sebagai pimpinan daerah sekaligus pemangku kebijakan, kami menyadari betapa pentingnya pengembangan wilayah perbatasan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, serta memastikan keamanan dan kedaulatan negara, “tukasnya.

Adapun kawasan perbatasan memiliki tantangan dan potensi tersendiri, terlebih daerah Sulawesi Utara yang berbatasan langsung dengan Negara Filipina.

“Oleh karena itu, melalui rapat koordinasi ini diharapkan mampu menjadi sarana yang tepat untuk kita semua dalam rangka menyelaraskan berbagai pandangan, mendengar aspirasi masyarakat, dan menciptakan kebijakan yang dapat menjawab kebutuhan riil di lapangan, “imbuhnya.

Selanjutnya, tak kalah pentingnya adalah upaya kita dalam menjaga kelestarian lingkungan di kawasan perbatasan. Dalam merencanakan pembangunan, kita harus senantiasa memperhatikan aspek keberlanjutan dan pelestarian alam.

“Jangan sampai apa yang menjadi program Kecamatan Lokpri di daerah ini, mengancam habitat alam, yang mana itu menjadi sebuah kekeliruan yang harus dihindari demi anak cucu kita semua. Kiranya dengan pemikiran dan langkah strategis yang ditetapkan dapat menciptakan kawasan perbatasan yang tidak hanya subur secara ekonomi, tetapi juga lestari dan ramah lingkungan, “ucap Kepala BPPBD Sulut.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak seluruh stakeholder, mulai dari unsur pemerintahan, masyarakat, hingga sektor swasta untuk bersatu padu dalam mewujudkan visi pembangunan kawasan perbatasan yang berdaya saing dan berkeadilan.

“Mari kita jadikan Kecamatan Lokpri di Sulawesi Utara, khususnya yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro, sebagai contoh bagi daerah lain dalam pembangunan yang berbasis partisipatif, transparan, dan akuntabel, “pungkas Gagola.

Turut hadir Kepala Bidang Koordinasi Perencanaan dan Fasilitasi Kerjasama bersama jajaran BPPBD Sulut, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro Denny D. Kondoj bersama Asisten Sekda, Staf Ahli, Kepala Bagian, Pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kapitalau dan lainnya.

IMG-20240310-WA0073