IMG-20240501-WA0019

Apresiasi Upaya Pemerintah Dalam Pemulihan Krisis Listrik, 3 Unit Mesin Pembangkit Listrik di Tagulandang

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Seperti yang diketahui 4 unit mesin untuk PLN Tagulandang mengalami kerusakan parah akibat peristiwa kebakaran yang terjadi beberapa hari lalu. Hal ini mengakibatkan terganggunya pasokan listrik di Pulau Tagulandang yang berada pada wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna.

IMG-20240227-124711

Hal ini mendapat respon cepat dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), dimana dari data dan informasi yang dirangkum pada Selasa (12/03/2024) ada 3 unit mesin pembangkit listrik sudah dimuat di KM Lohoraung dan dalam perjalanan menuju Pulau Tagulandang.

“Mesin pembangkit listrik untuk PLN Tagulandang sudah diatas KMP Lohoraung dan hari ini berangkat dari Munte. Semoga semua berjalan dengan lancar agar masyarakat Tagulandang dapat menikmati Listrik secara normal, “tutur Ketua DPRD Kabupaten Sitaro Djon Ponto Janis pada Selasa, (12/03/2024).

Ketua DPRD menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pihak PLN dan Pemerintah yang bergerak cepat dalam pemulihan dan perbaikan instalasi listrik tersebut.

“Terimakasih kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Bapak Prof DR (HC) Olly Dondokambey, serta GM PLN Sulutenggo serta jajarannya juga kepada Anggota DPRD Provinsi Sulut Dapil Nusa Utara Bapak DR Toni Supit SE, MM, Pj Bupati Sitaro Bapak Drs. Joi Oroh serta jajaran pemerintah daerah Sitaro yang sangat peduli dengan kejadian yang terjadi di PLN Tagulandang, dalam waktu singkat dapat mengatasi kekurangan listrik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, “ucapnya.

Berdasarkan informasi, ada 1 unit lagi mesin yang akan dimuat serta akan bergeser rencananya hari Jumat ke Pulau Tagulandang.

Beberapa warga Sitaro, ketika ditemui media ini menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah juga pihak PLN yang telah berupaya keras dalam mengatasi krisis listrik yang terjadi saat ini.

“Terima kasih kepada semua pihak yang peduli dengan peristiwa ini, dan atas perhatian semua pihak buat PLN tagulandang diucapkan terim kasih,”tutur salah satu warga Pulau Tagulandang.

Dalam hal ini PLN UID Suluttenggo pun terus mendorong proses percepatan penormalan sistem kelistrikan Pulau Tagulandang agar dapat berjalan sesuai rencana.

Selain itu, PLN UP3 Tahuna juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan aparat keamanan demi percepatan pemulihan suplai listrik di Pulau Tagulandang. Dr. Agus T. Poputra, SE, MM, MA.Ak, mewakili Bupati Sitaro, menyatakan apresiasi terhadap langkah cepat PLN.

“Kami mendukung penuh langkah PLN dalam memastikan kelistrikan di Tagulandang kembali pulih, hal ini tentu saja akan mendorong kembali geliat ekonomi di Tagulandang kembali aktif,” kata Poputra.

IMG-20240310-WA0073