IMG-20240501-WA0019

Pj Bupati Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri Secara Virtual

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Dari lokasi pertanian Kampung Beong Kecamatan Siau Tengah, Pj Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Joi Oroh mengikuti rapat koordinasi pengendalian Inflasi dengan kegiatan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan khususnya dalam menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Idul Fitri tahun 2024 secara zoom meeting.

IMG-20240227-124711

Selain Pj Bupati, turut hadir dalam rapat koordinasi ini diantaranya Sekretaris Daerah Denny D. Kondoj bersama Asisten Sekda, pimpinan OPD serta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sitaro. 

Dalam arahannya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengatakan, rapat hari ini sangat istimewa dimana semua tim pengendali inflasi baik tingkat nasional dan daerah beserta stakeholder hadir semua di zoom meeting ini. “Ini merupakan bentuk keseimbangan atau balance dalam menekan angka inflasi baik ditingkat Provinsi, Kabupaten/Kota”, ucapnya, Senin (4/3/2024).

Ia mengatakan target angka inflasi pemerintah pusat tahun 2024 menjadi 2,5% yang saat ini diangka 2,75%.

“Selain itu kegiatan rapat koordinasi ini juga untuk bisa menyeimbangkan atau balance antara pedagang dan pembeli supaya senang”, ucap Tito Karnavian. 

Rapat hari ini bagian dari kesiapan pemerintah dalam menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) untuk memantau pasokan harga pangan yang baik serta situasi geopolitik. Terkait situasi arus mudik dan arus balik pemerintah pusat kepada semua pihak yang terkait untuk menyiapkan pola yang baik dan tepat untuk ketersediaan dan kebutuhan bahan pangan masyarakat. 

Pj Bupati Joi Oroh pun berpesan kepada seluruh TPID untuk melakukan pemantauan harga, mengontrol dan menjaga pasokan pangan.

“Selanjutnya melaksanakan operasi pasar, mengkoordinasikan kelancaran pemasokan di daerah, kemudian pencanangan gerakan menanam untuk komoditi pertanian tertentu, “pungkasnya, Jumat (1/3/2024).

IMG-20240310-WA0073