IMG-20240501-WA0019

Seleksi Calon Paskibraka Kabupaten Sitaro Mulai Digelar

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mulai melakukan sosialisasi seleksi peserta Paskibraka Kabupaten Kepulauan Sitaro Tahun 2024.

IMG-20240227-124711

Hal ini sesuai edaran Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi Tahun 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Bairo Gandawari Mulalinda menuturkan adapun jadwal pendaftaran calon anggota Paskibraka dibuka mulai 2 Maret 2024.

“Tahapan pendaftaran calon Paskibraka berlaku secara online melalui aplikasi dari BPIP Pusat, lanjut ke tahapan seleksi dan Agustus akan dimulai pelatihan dan pengukuhan Paskibraka 2024. Oleh karenanya, kami panitia pelaksana merasa perlu mengadakan sosialisasi secara masif di setiap sekolah yang ada di Sitaro, “kata Kaban.

Pihak panitia pelaksana dalam sosialisasi tersebut menjelaskan berbagai hal, termasuk di antaranya mengenai tata cara pendaftaran dan dokumen pendukung lainnya yang harus disertakan oleh setiap pelajar.

Pemerintah berharap kepada seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan paskibraka tahun ini baik itu Kepala SMA, SMK, Pembina ekstrakulikuler paskibraka, Badan Kesbangpol Kabupaten Sitaro serta tim seleksi agar betul-betul selektif dan adil dalam penyeleksian calon peserta paskibraka Tingkat Kabupaten.

“Sehingga nantinya paskibraka dari Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro bisa tampil di Tingkat Provinsi bahkan Tingkat nasional serta dapat mengharumkan nama daerah yang kita cintai, “imbuhnya.

Sosialisasi akan menyasar ke semua sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro diantaranya SMA Negeri 1 Siau Timur, SMK Negeri 1 Siau Timur, SMA N 1 Siau Barat, SMA N 1 Siau Timur, SMA N 1 Tagulandang, SMK N 1 Tagulandang Utara, SMK N 1 Tagulandang Selatan, SMK N 1 Biaro.

Dalam kesempatan itu juga, Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO), Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Oktavian Hermanses mengapresiasi semangat para siswa yang akan berkompetisi untuk menjadi bagian dalam Paskibraka Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro 2024.

“Kurang lebih ada 150 pendaftar sampai hari ini semua akan bersaing mendapat 37 posisi sebagai calon paskibraka Kabupaten Kepulauan Sitaro, kiranya tetap semangat yang untuk menjadi yang terbaik serta tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan, “pungkas Hermanses.

Program Paskibraka ini merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila yang dilaksanakan melalui pembinaan kepemimpinan, keterampilan, dan kedisiplinan yang menjunjung nilai kebangsaan, cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, peningkatan wawasan kebangsaan kepada putra dan putri terbaik bangsa.

Besar harapan kepada para anggota paskibraka terpilih supaya mampu memberikan pengaruh positif baik di lingkungan tempat tinggalnya maupun dalam pergaulan di masyarakat dan mampu menjadi ujung tombak penjaga ideologi Pancasila, membangun persatuan bangsa menuju masa depan yang lebih baik.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000