IMG-20240501-WA0019

Waduh, 3 Unit Jhondere Milik Dinas Pertanian Kabupaten Merangin Direntalkan

Rp3-4 Juta Harga Rental Per Hektar

IMG-20240409-WA0076

Merangin, TRIBRATA TV

Pemerintah melalui Dinas Kementrian Pertanian menyalurkan bantuan Alsintan (alat mesin pertanian) yang diperuntukkan bagi petani secara gratis.

IMG-20240227-124711

Hal ini malah berbanding terbalik di wilayah Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Pasalnya 3 unit mesin pertanian jenis Jhondere milik Dinas Pertanian dikelola secara individu selama 2 tahun oleh TF salah satu warga Tabir Selatan.

TF, saat dikonfirmasi menyatakan ke 3 Jhondere milik Dinas Pertanian yang ada pada dirinya merupakan kerjasama dengan salah satu oknum pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Merangin.

“Ketiga Jhondere yang ada sama saya benar itu milik Rinas Pertanian, sudah 2 tahun lebih sama saya, untuk satu unitnya saya rentalkan tiga sampai empat juta per hektar, tapi ini kan untuk PAD daerah, saya juga harus setor ke Dinas Pertanian 2 juta per unit setiap bulannya,” ujar TF.

Sementara, surat kontrak yang dinyatakan TF dengan Dinas Pertanian tidak dimilikinya, semuanya itu diduga kuat dikuasai oleh oknum Dinas Pertanian Ls.

“Kalau untuk surat kontraknya saya ga ada megang, semuanya itu Ls yang ngurusnya”,.tutup TF.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Slamet saat dikonfirmasi menyatakan akan memantau dulu perihal Alsintan milik Dinas tersebut.

“Nanti saya cek dulu, hasilnya saya kabari,” ujar Slamet singkat.

IMG-20240310-WA0073