IMG-20240501-WA0019

Jelang Ramadhan Kapolres Merangin Sidak Harga Sembako

IMG-20240409-WA0076

Merangin, TRIBRATA TV

Kapolres Merangin AKBP Ruri Roberto, memimpin inspeksi mendadak (sidak) ketersediaan dan harga beras serta sembako lainnya di pasar dan gudang yang ada di seputaran Bangko, Senin (04/03/2024) pukul 11.00 Wib.

IMG-20240227-124711

Selama kegiatan berlangsung, terlihat AKBP Ruri Roberto yang didampingi, Darul selaku Kabulog Merangin beserta anggotanya berjalan mengunjungi kios bahan pokok yang ada di Pasar Baru dan Pasar Bawah Bangko dan berinteraksi langsung dengan para pedagang dan juga para pembeli.

Kapolres menyampaikan, pihaknya melakukan peninjauan ke sejumlah pasar untuk memastikan ketersedian serta harga bahan pangan khususnya beras agar tidak terjadi kelangkaan dan kenaikan akibat ulah spekulan.

“Sebagaimana kita ketahui beberapa bulan yang lalu harga beras mengalami kenaikan dan memasuki awal bulan Maret ini terjadi penurunan, jadi kita dari Polres Merangin turun langsung kelapangan untuk memastikan tidak ada praktek penimbunan oleh para spekulan agar warga dapat membeli beras maupun sembako lainnya dengan harga yang wajar, mengingat sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan”,ujar Kapolres.

Selain itu, ia juga menyatakan akan menindak tegas sesuai aturan yang berlaku, apabila nantinya ditemukan praktek penimbunan bahan pokok, yang bisa menimbulkan kerugian di tengah masyarakat.

“Kepada para pengusaha/distributor kalau permintaan pasar cukup tinggi jangan di stop distribusinya dan jangan sampai ada permainan harga sehingga masyarakat dirugikan,” pungkasnya.

Sementara itu Kabulog Merangin, Darul, saat dikonfirmasi awak media menjelaskan saat ini ketersediaan bahan pokok seperti beras, gula, tepung terigu dan minyak goreng yang ada di gudang bulog Merangin masih cukup tersedia hingga sampai 3 bulan ke depan.

“Saat ini bahan pokok seperti beras, gula dan minyak yang ada di gudang Bulog Merangin masih cukup tersedia hingga sampai 3 bulan ke depan dan apa bila terdapat kekurangan Bulog akan menambah permintaan stok,” sebut Darul.

Darul menambahkan, dari Operasi Pasar yang sudah beberapa kali dilaksanakan, saat ini terpantau untuk harga beras yang ada di wilayah Merangin sudah mengalami penurunan sekira dua minggu yang lalu.

“Untuk harga beras sendiri sudah mulai mengalami penurunan berkisar Rp500.-/kg sampai dengan Rp1000.-/kg, ini terjadi karena adanya pasokan dari Lampung setelah adanya panen raya dan saat ini Bulog akan tetap menjaga ketersediaan bahan pokok tetap tersedia”, tutup Darul.

IMG-20240310-WA0073