IMG-20240501-WA0019

Tangkal Berita Hoax, Bidhumas Polda Kalbar Ngopi Bareng Awak Media

IMG-20240409-WA0076

Pontianak, TRIBRATA TV

Bidhumas Polda Kalbar gelar silaturahmi bersama awak media dalam acara ngopi bareng di Cafe Super Jl. Paris 2 Kota Pontianak pada Jum’at (01/03/2024).

IMG-20240227-124711

Kegiatan ini sebagai upaya untuk menangkal berita hoax paska pemungutan suara pemilu 2024. Saat ini tahapan pemilu sudah memasuki tahap rekapitulasi ditingkat Kabupaten/Kota, yang ternyata dibarengi dengan bertebarnya informasi atau berita hoax yang mengandung ujaran kebencian dan SARA. Isu-isu ini beredar luas di media sosial dan online, khususnya terkait kinerja panitia dan hasil pemungutan suara pemilu 2024.

Menghadapi situasi tersebut Bidang Humas Polda Kalbar berinisiatif mengundang sejumlah awak media untuk bersilaturahmi sambil ngopi bareng untuk bekerjasama dalam mencegah dan menangkal berita-berita hoax yang mengandung ujaran kebencian dan SARA sesuai peran masing -masing.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya melalui Kasubbid Penmas AKBP Prinanto mengatakan dalam suasana santai sambil berdiskusi ringan bersama awak media, ia mengajak semua yang hadir untuk bersama -sama perangi berita hoax.

“Saya mengajak seluruh rekan -rekan awak media untuk bersama -sama mencegah dan menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian jangan sampai beredar luas dimasyarakat dengan prinsip saring sebelum sharing yaitu ketika kita menerima suatu berita yang belum jelas kebenarannya maka sebaiknya kita saring dulu dengan mengkonfirmasi kepada sumber berita atau pihak yang berwenang untuk menjelaskan, dan bila sudah dikonfirmasi kebenarannya maka barulah kita sharing kepada yang lain”, kata AKBP Prinanto.

Ia juga mengajak para awak media untuk senantiasa menjadi garda terdepan dalam menetralisir adanya informasi hoax dengan cara turut meluruskan informasi atau berita hoax yang telah viral dan beredar di media sosial atau online melalui tulisan dan artikel jurnalistik yang terklarifikasi dengan pihak-pihak yang berkompeten.

“Saya yakin dengan adanya peran yang pro aktif dari rekan-rekan awak media, peredaran berita hoaks dan ujaran kebencian dimasyarakat akan bisa diminimalisir, sehingga akan tercipta situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif dimasyarakat”,katanya lagi.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh awak media Kalbar bahwa hingga tahapan pesta demokrasi saat ini, awak media berperan aktif dalam mensukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan memberikan informasi melalui media masing-masing secara aktual dan faktual.

IMG-20240310-WA0073