Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

KPU Kabupaten Belu Gelar Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2024

IMG-20240409-WA0076

Belu, TRIBRATA TV

KPU Kabupaten Belu, NTT menggelar Rapat Pleno Terbuka Hasil Perhitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten di Hotel Matahari Atambua pada Kamis (29/2/2024).

IMG-20240227-124711

“Proses perhitungan suara dan rekapitulasi di tingkat Kecamatan telah selesai dengan sukses dan berjalan dengan lancar, karenanya hari ini dimulai perhitungan dan rekapitulasi tingkat kabupaten,” kata Ketua KPU Kabupaten Belu, Yohanes Seven A. Palla

Perhitungan dan rekapitulasi di tingkat Kecamatan berjalan selama satu minggu dan berjalan dengan lancar dan aman. “Karena itu kami berterimakasih kepada semua pihak atas kerjasama dan partisipasinya”, ujarnya.

Dijelaskannya ada 11 tahapan besar dalam pemilu. Mulai dari Perencanaan, Pemutahiran data Pemilih, Pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, Penetapan peserta pemilu, Penetapan jumlah kursi dan dapil, Pencalonan Presiden dan Wapres, Anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, Masa kampanye, Masa tenang, Pemungutan dan Penghitungan suara.

“Selanjutnya ada tahapan penetapan hasil pemilu dan pengambilan sumpah dan kita berharap semoga proses rekapitulasi tingkat Kabupaten ini dapat berlangsung aman, damai, dan lancar hingga selesai ” imbuhnya.

Ia juga mengajak seluruh peserta rapat pleno terbuka untuk bersama-sama mengawal dan mendukung kelancaran proses rekapitulasi dari awal hingga selesai oleh karena proses ini memakan waktu sedikit lama. “Tergantung dinamika yang muncul dalam pleno dan kami berharap bapak dan ibu dapat membantu kami untuk mengawal pleno ini agar dapat berjalan dengan baik,” tambahnya.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah kabupaten Belu, Kapolres Belu dan jajarannya, Dandim 1605/Belu yang telah mendukung dan mengamankan pesta demokrasi dari awal tahapan hingga proses pengantaran kotak suara dari kecamatan hingga pleno terbuka hari ini.

“Mewakil lembaga Komisi Pemilihan Umum saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Belu, Kapolres Belu dan jajarannya, Dandim 1605/ Belu dan jajarannya atas dukungan pada semua proses tahapan mulai dari penyediaan faskes, dan gedung-gedung pemerintah yang digunakan selama pleno di kecamatan membantu menjaga keamanan di setiap proses, mulai dari tingkat kecamatan hingga pengantaran kotak suara hingga hari ini kita laksanakan rapat pleno terbuka,” pungkasnya.

Peserta kegiatan dalam pleno terbuka ini melibatkan seluruh saksi dari pasangan Calon Presiden-wakil Presiden (Capres-Cawapres), Perwakilan Partai Politik, Saksi Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Belu.

Turut hadir, Bupati Belu, Dandim 1605/Belu, Kasat Intelkam Polres Belu, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Belu,Kaban Kesbangpol Kabupaten Belu, dan tamu undangan lainnya.

IMG-20240310-WA0073