IMG-20240501-WA0019

PJS Tapteng-Sibolga Gelar Rapat Perdana, Susun Struktur Kepengurusan

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Tengah, TRIBRATA TV

Setelah mendapat mandat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sumatera Utara (Sumut), Pro JurnalisMedia Siber (PJS), Sudirman Halawa, diangkat menjadi Ketua DPC PJS Sibolga dan Tapanuli Tengah (Tapteng).

IMG-20240227-124711

Hal itu sesuai dengan lampiran surat Keputusan Nomor: 05.PJS-DPD/SK-PLT/DPC/II/2024, tentang pengangkatan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC), dengan masa bakti 2024-2029.

Untuk melengkapi struktur kepengurusan DPC PJS Sibolga dan Tapteng, digelar rapat serta konsolidasi bersama seluruh pengurus dan anggota DPC PJS Sibolga dan Tapteng, bertempat di Cafe 88 Sibolga, pada Minggu (25/2/2024).

Saat berlangsungnya rapat perdana DPC PJS Sibolga dan Tapteng, akhirnya didapat beberapa kesimpulan untuk susunan kepengurusan, Sekretaris ditunjuk atas nama Jasman Julius Mendrofa, dari Media Bedah Nusantara Indonesia (BNI), sedangkan bendahara adalah Yasiduhu Mendrofa dari media Jelajahsatu.com.

Kegiatan ini juga merupakan hasil Munaslub tanggal 21 September 2023 tentang pergantian nama organisasi dari Pemerhati Jurnalis Siber menjadi Pro Jurnalismedia Siber (PJS). Juga hasil Rakernas I PJS tanggal 28 Oktober 2024 untuk penegasan terhadap kepengurusan DPD dan DPC se Indonesia dalam menghadapi pendaftaran PJS menjadi konstituen Dewan Pers. Hasil Rapat Khusus antara DPP, DPD dan DPC se Sumatera Utara yang menetapkan bahwa kepengurusan DPD PJS Sumatera Utara diambil alih dan memerintahkan untuk dilakukan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) dengan agenda memilih Ketua DPD definitif dan menetapkan Pengurus DPD PJS Sumatera Utara Periode 2024-2029.

Sebagai Ketua DPC PJS Sibolga dan Tapteng, Sudirman Halawa memaparkan organisasi PJS merupakan wadah bagi setiap wartawan dan PJS kedepan akan sama kedudukannya di Dewan Pers, sebagai salah satu organisasi yang memiliki legalitas yang sah.

“PJS adalah Rumah Kita, dengan kehadiran PJS di Sibolga dan Tapteng, maka kita akan memiliki warna tersendiri dan tetap menjunjung tinggi Undang-undang Pers, sebagai panutan dan tolak ukur bagi kita sebagai insan pers. Tentu panggilan jiwa kita sebagai seorang jurnalis merupakan suatu kebanggaan sendiri yang berpegang teguh kepada Kode Etik Jurnalistik,” ujarnya.

Sudirman juga menyampaikan program kerja PJS kedepan, khususnya bagi seluruh anggota yang tergabung di DPC PJS Sibolga dan Tapteng. Seperti pelatihan-pelatihan jurnalis akan dilaksanakan serta dalam waktu dekat. Juga melaksanakan Ujian Kompetisi Wartawan (UKW) yang menjadi tolak ukur akan kemampuan seorang jurnalis dalam menyajikan berita kepada publik.

“Tentu melalui wadah PJS ini kita akan melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan jurnalis, serta akan melaksanakan UKW, dengan demikian maka kita akan menjadi seorang jurnalis yang memiliki kompetensi sekaligus profesionalitas sebagai wartawan,”ucap Sudirman.

Dia juga mengharapkan agar seluruh wartawan yang bergabung di DPC PJS Sibolga dan Tapteng, tetap kompak, bekerja sama, saling terbuka serta tidak menyalahi aturan dalam melaksanakan tugas sebagai seorang jurnalis.

“Mari kita besarkan wadah organisasi kita ini sebab PJS ini adalah “Rumah Kita” jadi kita harus memiliki implementasi untuk tetap bersatu dan tidak terjadi perpecahan, serta antara pengurus harus kerja sama dan terbuka, dan antara pengurus dan anggota harus saling memberikan masukan, bahkan kritikan itu harus dijadikan sebagai pendewasaan dalam berorganisasi, selama kritik itu baik dan memiliki bukti maka jangan dijadikan menjadi perpecahan, ”kata Sudirman Halawa.

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000