IMG-20240501-WA0019

Kepala BPS Humbahas: HKTI Diharapkan Dapat Terlibat dalam Sensus Pertanian

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Kepala Biro Pusat Statistik (BPS) Humbang Hasundutan (Humbahas), Rudi Harianja menyambut baik pertemuan dengan pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

IMG-20240227-124711

“BPS Humbahas selama ini menunggu teman untuk kesuksesan Sensus Ekonomi Pertanian di kabupaten Humbang Hasundutan. Termasuk luas lahan pertanian, jenis tanaman pertanian yang berhasil dan yang kurang hasil serta yang gagal,” kata Rudi Harianja, Rabu (15/2/2023).

Menurutnya ada tiga penyedia data statistik. Pertama BPS,instansi pemerintah dan yang ketiga adalah statistik khusus,seperti universitas peneliti,LSM maupun LSI.

BPS pada prinsipnya bekerja dibelakang layar artinya selama ini memang BPS bekerja secara kaku dimata masyarakat, tetapi kedepan BPS Humbahas sudah turun ke lapangan dan menyatu dengan masyarakat yang di sensus

“Dalam Musrembangdes kami telah hadir,” ujarnya, seperti barusan Musrembangdes Desa Sijamapolang BPS juga menghadirinya.

Kepala BPS Humbahas mengharapkan kerjasama yang dijalin ini kiranya berkelanjutan agar sensus yang dilaksanakan dapat sukses dan berhasil mendapatkan data yang akurat.

Ketua HKTI Humbahas Zeki Munte mengharapkan kerjasama yang dijalin ini dapat berkelanjutan dan saling membangun.

Dalam waktu dekat BPS akan merekrut tenaga sensus untuk melaksanakan sensus penduduk, sensus ekonomi,sensus pertanian untuk tahun 2023.

“Harapan kami HKTI melalui pemuda tani dapat merapat untuk kerjasama dalam kegiatan dimaksud karena membutuhkan tenaga sensus kurang lebih 300 orang,” ujarnya.

Sementara Kepala LBH HKTI Dina Situmeang juga mengharapkan kerjasama hukum dengan pihak kantor BPS. “Draf MOU akan kita rampungkan dan segera kita tandatangani bersama,” katanya.

Pada kesempatan itu, Rudi Harianja juga menyerahkan buku kinerja Statistik Humbahas kepada Ketua HKTI Humbang Hasundutan.

Tampak hadir Henry Siahaan bidang Kaderisasi bersama Surya Simamora,TBH Simamora,SE dan H Nainggolan Biro Humas,Manullang dan Manurung dari Pemuda Tani dan Arisman Pasaribu. (tbh mora)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *