Penjabat Bupati Sitaro Ingatkan Soal Potensi Kendala Pemilu 2024, Perlu Dilakukan Mitigasi

Sitaro, TRIBRATA TV

Sesuai Amanat UU No. 7 Tahun 2017 Pasal 434 ayat (1) dan (2) untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban Penyelenggaraan Pemilu, Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

IMG-20240227-124711

Untuk mendukung sarana, prasarana demi kelancaran serta suksesnya penyelenggaraan pemilu 2024 di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro menggelar rapat Koordinasi bertempat di Media Center Kantor Bupati, Senin (12/02/2024).

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Sitato Denny Kondoj, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Administrasi Umum, Pimpinan OPD, serta Camat se wilayah Siau yang hadir langsung, camat wilayah Tagulandang dan Biaro melalui virtual via zoom.

Pj Bupati Kepulauan Sitaro Joi Oroh menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sitaro akan terus berkomitmen dalam memberi dukungan terhadap kelancaran pelaksanaan setiap tahapan pemilu ini. Diantaranya memfasilitasi sarana prasarana dan peralatan bagi penyelenggara pemilu. Rakor ini membahas apa yang menjadi kendala, kekurangan bahkan kebutuhan di TPS pada tanggal 14 Februari nanti.

“Sarana dan prasarana ini nantinya akan difasilitasi oleh pemerintah daerah. Kami akan beraudiensi bersama pemerintah kecamatan, kelurahan dan kampung untuk koordinasi terkait kebutuhan fasilitas printer, scanner, komputer, mesin genset dan jaringan internet yang dipastikan tidak menjadi kendala pada tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, “tuturnya.

Menurutnya, setiap kecamatan dan kelurahan membutuhkan seperangkat komputer juga printer scanner dan terlebih peminjaman genset mengantisipasi kendala adanya pemadaman lampu PLN. Sebagian besar sarpras itu sudah disediakan di masing-masing wilayah. Hanya saja, diakuinya, banyak TPS yang akan membutuhkannya.

Fasilitas tersebut memang sangat perlu mengingat pemilu tinggal 2 hari lagi. Oroh mewanti-wanti agar kendala-kendala yang bisa saja terjadi dalam tahapan Pemilu 2024 bisa diantisipasi sejak dini.

“Rata-rata kendala masalah printer scaner dan genset. Kami menekankan kepada seluruh camat lurah perangkat kampung bahkan seluruh instansi pemerintahan juga sekolah yang ada di Kabupaten Sitaro agar membantu mencari dan meminjamkan alat tersebut untuk kebutuhan pemilu sudah di tinggal menghitung jam ini, “imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Camat Siau Barat Buyung Mangangue sepakat bahwa setiap pihak harus berperan menyukseskan Pemilu 2024.

“Terkait kebutuhan scanner, jikalau tidak mendapatkan pinjaman karena keterbatasan ketersedian mesin scanner ini dapat diantisipasi dengan menggunakan smartphone mengingat fungsinya dan lebih praktis juga, “katanya.

“Berharap kendala-kendala ini semuanya bisa teratasi dan jalannya pemilu serentak ini bisa sukses, “sambung Camat Biaro Goldfinger Kalensang.

Camat Sitimsel Fidel Bukide menambahkan untuk Kampung di Kepulauan Buhias dan Pahepa juga sudah tidak terkendala bahkan sudah surplus genset.

Sementara Camat Siau Timur Charvo Saselah melaporkan kepada Pj Bupati terkait pengiriman logistik kotak suara yang tidak lagi dibawa ke kecamatan Siau Timur karena berdekatan dengan gudang logistik KPU maka langsung diboyong langsung ke kelurahan yang ada.