Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

715 Personil Polisi Diterjunkan Amankan TPS di Nisel

IMG-20240409-WA0076

Nias Selatan, TRIBRATA TV

Untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Nias Selatan (Nisel) menggelar apel kesiapan dan pergeseran pasukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Apel digelar di halaman apel Mapolres Nias Selatan, Senin (12/2/2024).

IMG-20240227-124711

Dalam apel tersebut, setiap personil diperiksa kelengkapan perorangan seperti rangsel, rolling bed, rompi, jas hujan dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan dalam tugas pengamanan TPS. Selain itu, mereka juga diberikan arahan dan penekanan mengenai tata cara bertindak dan menghadapi situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

Kapolres Nisel AKBP Boney Wahyu Wicaksono mengatakan sebanyak 715 personil Polri diterjunkan untuk pengamanan pemungutan suara.

“Dari Polres Nias Selatan sendiri sebanyak 170 personil, kemudian untuk personil Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Sumut sebanyak 495 personil ditambah dukungan personil Brimob sebanyak 50 orang”, ujar Kapolres.

Ia mengatakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Nisel cukup tinggi, ada sebanyak 1.058 TPS yang tersebar di 35 kecamatan baik di daratan dan kepulauan.

“Jadi untuk pola pengamanannya nanti, 2 personel Polri dan 8 Linmas akan mengamankan 4 TPS”, ujarnya.

Ia minta kepada seluruh personil yang akan melaksanakan pengamanan TPS untuk tidak menganggap sepele tugas tersebut. Selalu bersikap humanis,jangan bersikap arogan dan ugal-ugalan,dan kawal ketat proses mulai dari pendistribusian sampai ke tingkat PPS,tahap pilih,pungut,hitung serta rekapitulasi selesai. Hingga sampai hasil surat suara kembali ke KPU dengan aman.

“Dalam menjalankan tugas pengamanan TPS, kita harus benar-benar paham akan apa yang harus dilaksanakan. Jangan menganggapnya seperti pengamanan biasa. Situasi Pemilu memiliki dinamika tersendiri yang harus dipahami dan ditangani dengan serius,” ujar AKBP Boney.

Ia juga menegaskan seluruh personil harus memahami karakteristik wilayah masing-masing TPS dan kuasai medan dengan serius.

“Pada hari ini sampai besok kita akan geser pasukan. Pahami karakteristik wilayah masing-masing TPS, sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menjaga keamanan,” tambahnya.

Kapolres mengimbau kepada seluruh personelnya, untuk selalu melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab.

“Tahapan pemungutan suara tinggal beberapa hari lagi, oleh karena itu mari kita tetap fokus. Sehingga, Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman lancar tanpa kurang suatu apa pun,” pungkasnya.

IMG-20240310-WA0073