KPU Sitaro Lepas Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Sitaro, TRIBRATA TV

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mendistribusikan logistik Pemilu 2024. Pelepasan logistik ini berlangsung di Gudang Logistik KPU Sitaro, Ulu Siau, Minggu (11/2/2024).

IMG-20240227-124711

Ketua KPU Kabupaten Sitaro Stevanus Kaaro melepas armada truk berisi logistik Pemilu 2024. Pendistribusian logistik di hari pertama, dilaksanakan ke wilayah Pulau Makalehi, Tagulandang dan Biaro dengan menggunakan Kapal Ferry KMP Lohoraung.

“Hari ini secara resmi KPU Kabupaten Sitaro mendistribusikan logistik Pemilu 2024 khususnya kotak suara ke wilayah kepulauan yang ada di Kabupaten Sitaro. Jumlah logistik yang didistribusikan sebanyak 475 kotak suara dari keseluruhan 1.245 kotak suara dan sisanya 770 kotak, akan distribusikan besok, kita juga sekaligus akan mendistribusikan bilik suara,” kata ketua KPU Stevo, sapaan akrabnya.

Kemudian, untuk penjadwalan distribusi besok akan menyasar ke wilayah kepulauan yang ada di Siau berjumlah ditambah dengan wilayah Siau daratan.

“Kami akan mendistribusikan logistik kotak suara beserta perlengkapan lainnya di 4 kampung kepulauan yang ada Siau yaitu, Buhias, Matole, Tapile dan Pahepa, kemudian terakhir pendistribusian di Siau daratan yang akan diselesaikan besok itu juga,” sambungnya lagi.

Dalam pernyataannya, Ketua KPU Kabupaten Sitaro menekankan pentingnya distribusi logistik yang tepat waktu dan diselenggarakan untuk menjamin kelancaran Pemilu 2024.

“KPU Kabupaten Sitaro mengawali distribusi logistik pemilu ini dengan mengutamakan wilayah yang jauh dan daerahnya yang relatif ekstrem. Pada hari Selasa itu sengaja dikosongkan segala kegiatannya untuk mengantisipasi jikalau ada laporan terkait pendistribusian logistik, “pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kabupaten Sitaro Nelwan Maloring menjelaskan distribusi logistik juga diamankan langsung TNI Polri. Ia mengapresiasi atas sinergitas antar elemen baik itu yang sudah difasilitasi oleh Pemerintah Daerah dan pengamanan dari TNI/Polri mulai dari surat suara dicetak sampai setting packing dan sekarang didistribusikan.

“Bentuk pengamanan atau pendampingan dari Pihak TNI dan Polri mulai dari tahapan pengawalan pengiriman logistik hingga masuk di gudang logistik, pelipatan, penyortiran, pengepakan semua tahapan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk komitmen bersama KPU Sitaro dalam kerja kerasnya untuk menjaga stabilitas dan keamanan dalam menyukseskan pemilu 2024 ini, “imbuh Maloring yang juga pernah menjadi Camat Esang Kabupaten Talaud ini.

“Sekali lagi terima kasih untuk pihak kemanan yang selama ini turut bersama dengan KPU, masih ada sisa waktu lagi, harapannya agar masyarakat Polri dan TNi tetap terus mendukung upaya Kerja penyelenggara dalam mewujudkan pemilu aman dan damai,” sambungnya lagi.

Turut hadir Pj Bupati Kepulauan Sitaro yang diwakili oleh Sekretaris Kesbangpol, jajaran KPU Kepulauan Sitaro, Wakapolres Sitaro, Ketua dan Anggota Bawaslu Sitaro, Danlanal, Danramil, Danposal, Kejari, perwakilan Dirut PD Pelayaran Kepulauan Sitaro, dan undangan yang hadir.