Waduh, Travel Hikmah Rizquna Persada Banjarmasin Terlantarkan Jemaah Umroh di Jeddah

IMG-20240409-WA0076

Banjarmasin,TRIBRATA TV

Suasana haru tampak di kediaman IT (54) seorang jamaah asal Banjarmasin yang baru pulang umrah dari tanah suci, Jumat (10/2/2023) malam.

IMG-20240227-124711

Satu persatu kerabat memeluknya dengan haru, menyambut kedatangan ibu satu anak itu.

Betapa tidak, IT adalah salah satu jemaah dari travel Hikmah Rizquna Persada (HRP) yang nyaris tak bisa pulang ke Indonesia karena pihak travel tak membelikan dia tiket.

IT berangkat dari Indonesia ke Jeddah bersama 40 jemaah rombongan HRP pada 23 Januari 2023 lalu dan jadwal kepulangannya adalah Sabtu (4/2/2023).

Keluarganya pun sudah mempersiapkan kedatangannya sejak seminggu sebelumnya.

Namun ketika kepulangannya telat beberapa hari, keluarga panik lantaran komunikasi dengan IT justru tidak lancar dikarenakan kuota internetnya sudah habis.

Alfi, adik IT yang diwawancarai mengaku, komunikasi dengan kakaknya kian susah dan untuk mendapatkan info tentang kakaknya semakin sulit.

“Minggu tanggal 5 itu kami di rumah diberitahu bahwa kakak belum dibelikan tiket oleh pihak travel,” cerita Alfi.

BACA JUGA  Wanita Ditaksir Berusia Paruh Baya Ditabrak Kereta Api Kepala Pecah, Kaki dan Tangan Putus

Seketika keluarga di rumah mulai waswas, apalagi setelah melihat komentar di Instagram travel yang kebanyakan menceritakan pengalaman buruk hingga terlantar di Jeddah karena ketidakbecusan pengelola mengurus jemaah.

Keesokan harinya, pada Senin (6/2/2023) Alfi bersama anak jemaah lainnya mendatangi travel yang beralamat di Jalan A Yani km 3.5 Banjarmasin itu.

Mereka bertemu dengan seorang agen yang terkesan berbelit-belit memberikan informasi terkait pembelian tiket kepulangan jemaah.

“Dia bilang, untuk pembelian tiket di urus sama seseorang lainnya yakni H, dan mereka masih mengupayakan untuk mendapatkan tiket itu,” lanjut Alfi.

Namun ketika ditanya kapan kakaknya akan dapat tiket, dia tidak bisa memberi kepastian yang saat itu membuat Alfi meradang.

Pria itu pun mengancam akan melaporkan travel tersebut ke polisi jika sampai hari Rabu kakaknya tak juga mendapatkan tiket.

BACA JUGA  Pelaku Bom Bunuh Diri Sering Kumpul Pengajian di Belawan

Mengejutkannya lagi, di hari Selasa dan Rabu (7/2/2023) travel tutup bahkan banner di depannya sudah dicopot sebagian.

“Ini membuat kami kian panik, seolah-olah mereka mau kabur dari tanggung jawab,” lanjut dia.

Alfi sekeluarga akhirnya mendapatkan kabar dari Jeddah, yang menyebutkan bahwa kakaknya sudah dapat tiket di hari Kamis dengan bukti tiket elektronik dengan jadwal keberangkatan di hari Jumat (10/2/2023) pagi.

Meski demikian, ujar Alfi, masih ada 20 orang lagi yang belum kembali ke tanah air yang merupakan bagian dari rombongan IT.

“Kalau untuk 20 orang itu, sampai hari ini belum kembali ke Indonesia, kurang tahu juga bagaimana update terkini, karena yang tertinggal itu berbeda pembimbing dengan kakak saya,” beber Alfi.

Sebenarnya, lanjut pria 34 tahun itu, sang kakak sudah seharusnya berangkat pada Desember silam. Ada sekitar 30 jemaah yang harusnya berangkat di akhir tahun itu bersama travel HRP.

BACA JUGA  Video: Breaking News: Jalur Medan-Brastagi Putus, Petugas Evakuasi Korban Longsor

“Tapi dari 30 itu, malah kakak saya dan 3 teman lainnya ditinggal, tanpa ada penjelasan apapun,” terang Alif.

Keluarga Alfi pun murka hingga menggeruduk travel sampai membuat surat perjanjian dengan materai jika tidak memberangkatkan umrah, maka pihak travel akan mengembalikan uang jamaah.

“Akhirnya memang berangkat tanggal 23 itu, cuma kan harapan kami kalau sudah bayar Rp30 juta lebih itu, sudah termasuk tiket PP dan lancar-lancar saja,” katanya.

Ternyata, IT malah dipulangkan lebih seminggu dari jadwal yang seharusnya dan tiket dari Jakarta ke Banjarmasin pun bayar sendiri.

“Ini jadi pelajaran sangat berharga untuk kami dan siapa pun untuk tidak mudah percaya pada janji-janji manis agen travel,” tambahnya.

Dia juga berharap, semoga 20 jemaah yang masih tertinggal di Jeddah dapat segera kembali ke rumah masing-masing. (Rian)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *