IMG-20240501-WA0019

Ungkap Jaringan Curanmor, Kapolres Pelabuhan Belawan Kembalikan Sepeda Motor pada Pemiliknya

IMG-20240409-WA0076

Belawan, TRIBRATA TV

Polres Pelabuhan Belawan mengungkap jaringan pencurian sepeda motor (curanmor) yang telah meresahkan warga. Pengungkapan ini bermula korban bernama Nova yang kehilangan sepeda motor Yamaha Mio pada Minggu, 14 Januari 2024, di Perumahan KPUM Kelurahan Terjun.

IMG-20240227-124711

Menurut Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Janton Silaban dari hasil rekaman CCTV dari sekitar lokasi kmemberikan petunjuk mengenai ciri-ciri pelaku.

Melalui penyelidikan intensif, polisi berhasil menangkap dua pelaku utama, Roki Subrata dan Antoni Barus alias Toni.

“Kedua pelaku mengaku menjual sepeda motor curian kepada penampung atau penadah, yaitu Agus Salim Lubis,” kata Kapolres dalam konferensi pers, Senin (22/1/2024).

Polisi kemudian mengeledah lokasi yang diindikasikan sebagai tempat penadah, yaitu di Jalan Marelan Raya Pasar III Barat Kelurahan Terjun. Di sana, polisi menemukan 10 unit sepeda motor yang diduga hasil curian, bersama dengan peralatan untuk membongkar atau mengokang sepeda motor.

“Agus Salim Lubis mengaku telah banyak menampung sepeda motor hasil curian, dan sebagian besar sudah dijual kembali. Salah satunya milik korban Nova yang juga telah terjual,” tambah Kapolres.

Tersangka Roki Subrata dan Antoni Barus merupakan residivis dalam kasus curanmor, dan dalam aksinya, mereka bahkan merubah warna sepeda motor yang digunakan saat melakukan pencurian.

Polres Pelabuhan Belawan menghimbau kepada pemilik sepeda motor untuk selalu menggunakan kunci ganda berupa gembok atau rantai untuk meningkatkan keamanan.

Polisi akan mengembalikan sepeda motor kepada pemilik yang sudah teridentifikasi tanpa dikenakan biaya apapun.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres juga mengembalikan sepeda motor Honda Beat kepada Tiamni Hasibuan setelah dicocokkan dengan bukti kepemilikan yang dipegangnya.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Polsek Medan Labuhan dan Polres Pelabuhan Belawan yang telah bekerja keras sehingga sepeda motor saya yang hilang dapat ditemukan dan dikembalikan kepada saya”, ucap Tiamni.

“Dengan berhasilnya penangkapan ini, kami berharap dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih berhati-hati dan bersinergi dalam menjaga keamanan wilayah,” tutup Kapolres. (P.Sitorus)

IMG-20240310-WA0073