Kadis Kominfo Samosir: Tidak Ada Polemik Soal Sewa Rumah Dinas Bupati

IMG-20240409-WA0076

Samosir, TRIBRATA TV

Maraknya informasi miring sewa rumah dinas Bupati Samosir yang tidak pro rakyat, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom angkat bicara.

IMG-20240227-124711

Hal ini dijelaskannya melalui Plt Kadis Kominfo Samosir, Ricky Rumapea di kantornya, Senin (10/1/2022).

“Tidak ada polemik terkait nilai sewa Rumah Dinas Bupati sebesar Rp40 juta per bulan sampai April 2022, lebih hemat dari tahun sebelumnya,” ujar Ricky.

Dirinya juga berharap, masyarakat Samosir harus memahami penggunaan anggaran sewa rumah dinas ini secara komplit, tidak sepotong-sepotong.

Dijelaskan, kalau Bupati sebelumnya, Rumah Dinas Bupati menggunakan anggaran mencapai Rp300 juta sampai Rp500 juta per tahun untuk biaya pemeliharaannya.

BACA JUGA  Bobby Nasution: Pemko Medan Selalu Terbuka Dalam Kerjasama Penanganan Sampah

Maka dari sisi efisiensi anggaran, lebih hemat menyewa sebagian Hotel Vantas daripada tahun sebelumnya di Rumah Dinas Jalan Danau Toba Pangururan.

Lebih rinci diterangkan, biaya sewa Rumah Dinas Bupati sebesar Rp40 juta itu, sudah mencakup beberapa ruangan di Hotel Vantas.

“Jadi komplit semua, ada ruang tidur utama, ruang tidur ajudan, ruang tidur penjaga ruang tunggu dan ruang rapat mini,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, ia menambahkan, anggaran itu sudah termasuk biaya listrik dan air. Kalau di rumah dinas Bupati sebelumnya, butuh karyawan 10 orang.

BACA JUGA  Warga dan Kelompok Tani Mual Hangoluan Dukung Amran Sinaga jadi Cabup Simalungun

“Untuk karyawan saja anggaran yang dikeluarkan, 10 orang dikali Rp18 juta. Ini saja sudah Rp 180 juta,” jelas Sekdis Kominfo.

Menurutnya, di Hotel Vantas yang disewa untuk Rumah Dinas Bupati Samosir, tidak ada membutuhkan karyawan untuk perawatan taman.

Ia menegaskan, sebenarnya Pemerintah Kabupaten Samosir sudah berupaya keras agar rumah dinas sebelumnya di Jalan Danau Toba Pangururan nyaman ditempati.

Pasca pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, rumah dinas itu langsung ditinjau.

BACA JUGA  Jalin Silaturahmi Kapolres Humbahas Coffee Morning Bersama Awak Media

“Waktu itu pak Bupati Vandiko melihat kondisi rill, maka perlu renovasi,” tambahnya.

Berbagai upaya telah dilakukan Bupati Samosir, agar rumah dinas bupati saat ini yang merupakan asset Pemprovsu itu layak ditempati.

“Hal inilah yang mendasari, sehingga ditetapkan menyewa sebagian Hotel Vantas sebagai rumah dinas,” tuturnya.

“Idealnya, masyarakat Samosir harus berterimakasih dengan upaya Pemerintah Kabupaten Samosir. Tak ada alasan apapun terkait penetapan Rumah Dinas Bupati di sebagian Hotel Vantas,” tutupnya. (Dodye)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *