Bina Fisik Mental dan Disiplin, Rutan Sigli Gelar Latihan Menembak

IMG-20240409-WA0076

Sigli, TRIBRATA TV

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sigli Kanwil Kemenkumham Aceh melaksanakan latihan menembak untuk meningkatkan fisik, mental dan disiplin (FMD) bagi pegawai di Lapangan Tembak Polres Pidie pada Rabu (28/12/2022).

IMG-20240227-124711

Pelatihan menembak yang digelar sebanyak dua gelombang, 27 dan 28 Desember 2022 ini juga bertujuan melatih petugas Rutan Kelas IIB Sigli dalam menghadapi gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Sigli, Bapak A.Halim Faisal dalam sambutannya menyampaikan FMD bagi petugas untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, terutama keterampilan penggunaan senjata api (senpi) atau menembak.

Menurutnya, senpi merupakan perlengkapan yang wajib dibekalkan kepada setiap petugas Pemasyarakatan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban.

“Tentunya jajaran Rutan Sigli harus mempunyai kemampuan yang bagus, khususnya jajaran keamanan yang pada dasarnya bertugas menjaga keamanan dan Ketertiban di Rutan Sigli,” ujar Karutan.”

“Kami juga berharap setelah memperoleh materi dan pengalaman menembak, petugas kami memiliki mental dan strategi saat menghadapi situasi genting di lapangan. Juga pemahaman terkait bagaimana merawat serta menggunakan senjata yang tepat,” tambahnya.

Kegiatan diawali dengan doa bersama yang dilanjutkan dengan melakukan pemanasan dan pemberian materi tentang aturan dasar menembak oleh instruktur menembak dari Satuan Polres Pidie, kemudian disusul pelaksanaan praktik latihan menembak.

Materi yang diberikan meliputi selalu anggap senjata terisi peluru, arahkan senjata ke sasaran, posisi penguncian pelatuk, jauhkan jari telunjuk dari pelatuk, amati sekeliling, siap menembak dan tata cara bongkar pasang senjata untuk merawat senjata. (m zubir)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *