IMG-20240501-WA0019

Polres Humbahas Dirikan 7 Posko Polri di Simangulampe

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) bersama instansi terkait mendirikan beberapa Posko di sekitar lokasi tanah longsor di Desa Simangulampe Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbahas, Selasa (05/12/2023).

IMG-20240227-124711

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto menjelaskan ada sekitar 7 Posko yang sudah didirikan untuk percepatan proses evakuasi, seperti Posko presisi, Posko Media Center, Posko DVI dan Posko Ante Morthem serta Posko Trauma healing, Posko Serbaguna dan Posko Kesehatan.

Posko Media Center ini untuk memberikan informasi serta untuk wadah untuk media yang ingin meliput terkait perkembangan proses evakuasi sehingga seluruh masyarakat khususnya wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan dapat melihat perkembangan evakuasi tanpa harus meninjau ke lokasi kejadian.

Sedangkan Posko DVI dan Ante Morthem untuk mempermudah mengetahui identitas korban dan untuk identifikasi lebih lanjut. “Sehingga Posko DVI ini nantinya akan menerima data antemortem dan postmortem jenazah korban meninggal dunia,”ujarnya.

Di pos ini, keluarga korban yang datang diminta membawa data dan dokumen korban seperti ijazah, maupun sertifikat lainnya yang ada tanda sidik jari untuk bisa diidentifikasi. Selain data dan dokumen, untuk mempercepat identifikasi yang berhubungan dengan DNA keluarga terutama istri, anak, ayah, dan ibu diminta untuk mendatangi posko ante mortem. Pakaian dan properti korban yang terakhir dipakai juga bisa membantu proses identifikasi korban.

Polri juga membuat kamar jenazah sementara serta mempersiapkan alat-alat untuk identifikasi antemortem dan postmortem, sembari Tim DVI tengah menunggu pihak keluarga untuk mengumpulkan data dari antemortem.

“Tak hanya itu, kita juga menyediakan posko untuk trauma healing dan healing psikolog juga dibantu beberapa ahli psikologi selain dari Dokpol Polri, beberapa RS termasuk TNI juga bergabung untuk memberikan terapi-terapi psikologi kepada korban dan keluarga,” tambahnya.

Ia berharap evakuasi segera mendapat semua korban karena sampai saat ini personel Polres Humbahas, Brimob, TNI, SAR, bersama pemerintah masih terus bekerja maksimal dalam pencarian para korban.(tota mora)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *