Hijau-dan-Kuning-Emas-Illustratif-Modern-Twibbon-Selamat-Hari-Raya-Idul-Fit-20240403-122004-0000

IMG-20240426-080646

Bawaslu Tapteng Donasikan Sampah ke Bank Sampah Yamantab

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Tengah, TRIBRATA TV

Kehadiran Bank Sampah Yamantab (BSY), yang digagasi oleh Damai Mendrofa mantan jurnalis di Sibolga dan Tapanuli Tengah (Tapteng) manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat Tapteng.

IMG-20240227-124711

Untuk mendukungnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tapteng, ikut mendonasikan sampah ke BSY, Rabu (1/11/2023).

Pendonasian sampah ini dilakukan di halaman kantor Bawaslu, Jalan Laksma Manonga Napitupulu, Kecamatan Pandan, Tapanuli Tengah.

Serah terima dilakukan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penanganan Sengketa Bawaslu Tapteng Rommi Pasaribu yang juga merupakan mantan jurnalis di Sibolga dan Tapteng. Donasi sampah itu diterima langsung Direktur Bank Sampah Yamantab (BSY), Damai Mendrofa.

Saat awak media mempertanyakan terobosan baru yang dilakukan oleh Bawaslu Tapteng dengan mendonasikan sampah, Rommi mengatakan apa yang dilakukan merupakan tindakan peduli akan lingkungan.

“Sampah yang didonasikan merupakan sampah yang dihasilkan di kantor Bawaslu. Ini merupakan awal dari kolaborasi antara Bawaslu dan teman teman pegiat lingkungan untuk mengelola sampah, agar sampah tidak lagi merusak lingkungan,” ungkap Rommi.

Ia juga mengakui, pendonasian sampah tersebut juga merupakan arahan lisan dari Bawaslu Sumut kepada pihaknya agar membuka kolaborasi dengan pengelola Bank Sampah di daerah masing-masing.

“Tentu ini kolaborasi yang positif, apalagi persoalan sampah ini kan semakin mengkhawatirkan keberlangsungan lingkungan hidup. Kita kan juga tau, kalau ke Bank Sampah, maka sampahnya tidak lagi dibuang, tapi akan dikelola,” ucap Rommi.

Masih di lokasi yang sama, Direktur BSY, Damai Mendrofa mengapresiasi Bawaslu Tapteng dalam mendukung program pengelolaan sampah yang baik dan bertanggungjawab. Dia menyebut, sama seperti perkantoran lainnya, kantor Bawaslu juga pasti menghasilkan sampah.

“Nah, selama ini sampahnya mungkin dibuang dan berakhir di bak sampah atau TPA, karena itu kita jalin komunikasi dengan teman-teman di Bawaslu dan disambut dengan baik,” kata Damai.

Damai mengakui, sebelum Bawaslu Tapteng, ada juga perkantoran yang selama ini telah berkenan mendonasikan sampahnya. Yakni kantor BPKPAD Tapteng, dan hal ini mendapat dukungan penuh dari Basyiri Nasution sebagai pimpinan di instansi tersebut.

“Kita rutin menjemput sampah ke kantor BPKPAD. Pak Basyiri sangat mendukung gerakan pengelolaan sampah yang kami lakukan di BSY. Dan karena itu kami berharap, apa yang dilakukan Bawaslu dan BPKPAD bisa menular ke perkantoran lainnya, agar gerakan ini semakin melibatkan sebanyak banyaknya pihak,” ujar Damai. (Sudirman Halawa)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *