IMG-20240501-WA0019

Mulai Hari ini Truk Masuk Pelabuhan Belawan Wajib Miliki STID

IMG-20240409-WA0076

Belawan, TRIBRATA TV

Otoritas Pelabuhan Belawan mengatur lalu lintas truk kontainer yang masuk pelabuhan dengan menerapkan STID (Single Truck Indentification Data). Para supir truk diimbau agar menggunakannya saat masuk pelabuhan.

IMG-20240227-124711

Supir truk kontainer diwajibkan melengkapi surat-surat kendaraan yang akan masuk di wilayah Pelabuhan Belawan untuk kelancaran berlalulintas.

Kepala Seksi Fasilitas dan Pengawasan Operasional Pelabuhan di Kantor OPU (Otoritas Pelabuhan Utama), Siswati A.Sinaga memimpin kegiatan ini bersama DPC Organda Medan di Jalan Pelabuhan Petikemas Belawan, Senin (31/10/2022).

Siswati A. Sinaga mengatakan kendaraan yang masuk pelabuhan harus melengkapi surat kendaraan agar tertib.

Penertiban ini akan dimulai hari ini Selasa 01 November 2022. “Kita akan melakukan monitoring, seluruh truk memasuki areal Terminal Peti Kemas harus memiliki kartu STID,” ungkapnya.

Begitupun, penerapan secara ketat akan dimulai pada pekan depan, tanggal 08 November 2022. “Jika tidak ada kartu STID, kita tidak izinkan masuk. STID sudah dilounching pada 04 Juli 2022 lalu, kita sudah melakukan sosialisasi informasi dan beberapa kali rapat pertemuan dan berkoordinasi dengan stakeholder dan pengusaha angkutan. Jadi setiap truk yang sudah terdata, pengemudinya juga harus terdaftar tidak bisa dipindah tangan ke orang lain,” sebutnya.

Ia berharap dengan penerapan STID dapat mempermudah birokrasi dan memperlancar operasional di Pelabuhan Belawan.

Sementara Jumala Hidayah dari DPC Organda Medan mendukung penertiban di Pelabuhan Belawan.

Ia mengajak pihak angkutan truk untuk lebih tertib di kawasan pelabuhan agar lancar dan nyaman.

“Organda Pelabuhan Belawan sangat mendukung apa yang dilaksanakan untuk STID tersebut, dan ini bukan hanya khusus truck pengangkut kontainer saja, akan tetapi seluruh truck,” katanya. (P.Sitorus)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *