IMG-20240505-WA0006

Dukung KSPN Danau Toba, Polres Samosir Dapat Bantuan Kapal Cepat RHTI

IMG-20240409-WA0076

Samosir, TRIBRATA TV

Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon mengujicoba untuk pertama kalinya kapal cepat yang baru diterima dari Baharkam Polri di perairan Danau Toba, Kamis (27/10/2022).

IMG-20240227-124711

AKBP Josua mengatakan Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) ini berasal dari Baharkam Polri yang diberikan kepada Polda Sumut dan diserahkan kepada Polres Samosir.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kapolri, Bapak Kabaharkam Polri, Bapak Kapolda Sumut dan Bapak Dir Pol Airud Polda Sumut yang telah memberikan perhatian penuh kepada Polres Samosir,” ujar AKBP Josua.

Kapolres Samosir memimpin langsung penurunan kapal cepat tersebut ke perairan Danau Toba di Dermaga Ferry Tao Toba Tomok Desa Tomok Parsaoran Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.

Kemudian bersama personel, AKBP Josua melakukan test drive menyisir danau.

Menurut AKBP Josua, Kapal Cepat Rigid Hard Tube Inflatable (RHIT) yang diterima dari Baharkam Polri senilai Rp9 miliar ini untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, serta mendukung Samosir sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas Nasional atau Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

“Para pimpinan Polri yang berkunjung ke Samosir benar-benar melihat dan  memperhatikan kami disini atas kebutuhan prasarana dalam mendukung melayani masyarakat khususnya dalam hal responsibilitas, karena Kabupaten Samosir khususnya, daerahnya di kelilingi perairan Danau Toba yang teritorial wilayahnya masih membutuhkan prasarana kendaraan perairan,”terang AKBP Josua.

Turut hadir Ketua Bhayangkari Cabang Samosir Nyonya Yuli Josua Tampubolon, Kabag Ops Kompol Lengkap Siregar SH, Kasat Lantas AKP Yuswanto SH, Kapolsek Simanindo Iptu Nandi Butar-butar SH, perwakilan tokoh agama, pendeta Gereja GSJA Tomok, Pdt eva Zebua, Personil Polsek Simanindo, personil Polres Samosir.

Sebelumnya, dilakukan pengecekan perlengkapan Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable), tertuang dalam Berita Acara Kapal Kaku Cepat yang bernilai hampir Rp9 miliar tersebut.

Kapal ini dipergunakan untuk pelayanan masyarakat, terlabih di Kabupaten Samosir telah menjadi super destinasi pariwisata prioritas nasional.

Lalu dilakukan serangkain doa bersama yang dibawakan Pendeta Gereja GSJA Tomok, Pdt eva Zebua sebagai bentuk syukur karena baru saja Polres Samosir menerima prasarana yang diperuntukan kepentingan dalam melayani masyarakat Kabupaten Samosir khususnya.

Penurunan ke perairan danau toba Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) dari truck Ekspedisi jenis truk roda enam (6) dengan nopol B 9021 TGA di Dermaga Pelabuhan Tomok Perairan Danau Toba Tomok dilakukan bersama dengan personil Polres Samosir.

Test Drive Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) dengan route dari Pelabuhan Tao Toba Tomok menuju Pelabuhan Ambarita dikemudikan personil Pol Air Brigadir Lumban Raja didampingi AKBP Josua Tampubolon SH MH, dan Ketua Bhayangkari Cabang Samosir Ny Yuli Josua Tampubolon serta pejabat utama Polres Samosir.

Kapal Karet Kaku/RHTI diserah-terimakan dari Baharkam Polri Kepolisian Perairan dan Udara kepada Polres Samosir sesuai dengan Surat Berita Acara Serah Terima Nomor : BAST / 60 / X / LOG.8.1./2022/ Korpolairud tanggal 19 Oktober 2022.

Kapal cepat ini juga termasuk mendukung event internasional yang akan digelar pada waktu mendatang di Danau Toba.

“Apalagi dalam beberapa waktu mendatang, akan ada event event internasional di perairan Danau Toba, Polres Samosir siap mendukung dan mesukseskan agenda nasional maupun internasional serta program destinasi wisata super prioritas nasional,” tegasnya. (Bonni/rel)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *