IMG-20240501-WA0019

BPD Desa Sraten Banyuwangi Serap dan Gali Aspirasi Warga

IMG-20240409-WA0076

Banyuwangi, TRIBRATA TV

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sraten Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi mengadakan Serap dan Gali Aspirasi warga di semua dusun yang ada perwakilan anggota BPD di sembilan titik. Serap dan Gali Aspirasi yang ketiga ini bertempat di Posko Ontelis Tawangalun Kedawung Dusun Sukodadi Desa Sraten, Senin (24/10/2022).

IMG-20240227-124711

Sesuai dengan Permendagri No.110 Tahun 2016, BPD mempunyai fungsi,membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

BPD juga mempunyai tugas antara lain, menggali aspirasi masyarakat,menampung aspirasi masyarakat,mengelola aspirasi masyarakat, menyalurkan aspirasi masyarakat, menyelenggarakan musyawarah Desa dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tujuan dari Serap dan Gali Aspirasi masyarakat oleh BPD Desa Sraten ini untuk mengetahui permasalahan yang ada, sehingga BPD sebagai wakil masyarakat dapat menampung semua permasalahan sekaligus bisa mengantisipasi dini.

Akhirnya bisa menganalisa dan merumuskan aspirasi masyarakat desa untuk nantinya di sampaikan kepada Kepala Desa, baik lisan maupun tulisan.

Salah satu tokoh pemuda,Hono Siswantoro menyampaikan permasalahan terkait dengan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Desa Sraten yang sampai tahun ini belum terealisasi.

“Padahal pendataan sudah dilaksanakan mulai tahun 2019 oleh Pemerintah Desa Sraten tapi sampai saat ini belum mendapatkan kuota PTSL,”tegasnya.

Ketua BPD Desa Sraten, Heru Supriyono menegaskan apa yang sudah disampaikan masyarakat lewat Serap dan Gali masyarakat ini akan tampung semuanya.

“Masukan dan usulan masyarakat lewat aspirasi ini akan kami administrasikan dan rumuskan dengan cara menganalisa untuk disampaikan kepada Kepala Desa dalam mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan kesejahteraan masyarakat Desa,” tegasnya. (Irawan)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *