IMG-20240501-WA0019

Sempat Tertunda 5 Tahun, Gedung Pers Akhirnya Diserahkan Pemkab Simeulue pada Wartawan

IMG-20240409-WA0076

Simeulue, TRIBRATA TV

Setelah hampir 5 tahun Gedung Pers berdiri, akhirnya Pemerintah Kabupaten Simeulue menyerahkan gedung itu kepada wartawan melalui Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Simeulue, pada Senin (16/10/2023) kemarin.

IMG-20240227-124711

Gedung yang berada di Jalan Tgk Diujung Desa Air Dingin Kecamatan Simeulue Timur dibangun pada tahun 2018 yang diperuntukan pada wartawan di kabupaten kepulauan itu. Namun sejak selesai dibangun belum diserahkan sehingga mendapat sorotan dari berbagai media hingga kalangan masyarakat.

Beberapa bulan lalu pada masa AKBP Jatmiko menjabat Kapolres sempat menghimbau Pemda dan menurunkan tim personil untuk membersihkan gedung tersebut yang sudah hampir ditutupi seluk belukar. Bahkan sebagian plafon sudah tidak berfungsi alias rusak akibat tidak terawat sejak selesai dibangun.

Penyerahan gedung pers inipun mendapat sorotan dan pandangan yang berbeda dari sejumlah wartawan. Pasalnya gedung yang diserahkan itu, dalam keadaan tidak layak pakai akibat kondisinya yang sudah mulai rusak.

Misalnya dinding gedung itu sudah pada pudar karena lumut, prafon yang sudah pada rusak, ditambah tidak ada kelengkapan layaknya sebuah gedung perkantoran.

Menurut Kadis Kominsa, Musrahudin SE, dalam sambutannya mengatakan pihaknya hampir lelah berupaya agar gedung tersebut diserahkan Dinas PUPR ke Pemda untuk dapat diserahkan sesuai peruntukannya.

“Proses demi proses yang tidak terlepas dari bantuan awak media untuk mengkritik Pemda dalam hal positif, akhirnya kita mendapat hasil sehingga hari ini bisa kita laksanakan serah terima pada seluruh wartawan yang ada di pulau ini tanpa kecuali, namun untuk memenuhi administrasi kita perlu adanya perwakilan yang menjadi penanggungjawab yakni Sekber,” katanya.

Sementara Sekda Simeulue, Asludin menyampaikan, semoga dengan penyerahan Gedung Pers ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh awak mediabdemi kemajuan pulau ini.

Ia mengakui gedung tersebut belum layak untuk dipergunakan karena minimnya fasilitas dan kondisinya saat ini. “Saya minta segera mungkin dikordinasikan melalui Kadis Kominsa kira kira apa kebutuhan jangka pendek, apa keperluan yang diutamakan harus kita upayakan mulai besok, seperti akses jalan menuju gedung tersebut, listrik dan internet,” ujarnya.

Ia bahkan mengajak untuk bersama-sama bergotong royong pada hari Jumat mendatang. “Mengingat MTQ akan digelar bulan depan, hingga menjadi tanggung jawab kita bersama melalui panitia untuk mempublikasikan ke publik, tentu diharapkan kerja sama yang baik dari media dalam pemberitaan yang berimbang, memberikan masukan dan kritikan,” harapnya.

“Kami berharap agar media mau bekerja sama sama dengan Pemda untuk bersama sama membangun Simeulue, kalau bukan kita, siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi,” katanya.

Menanggapi hal tersebut Ketua Sekber Inda bn dari Harian Waspada berharap Pemkab tidak hanya menyerahkan gedung semata tetapi juga menyediakan fasilitasnya agar layak dan dapat dipergunakan.

“Dengan penyerahan gedung ini patut kita apresiasi pada Pemda melalui Kadis Kominsa,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada PJ. Bupati Simeulue Ahmadlyah yang telah memberikan kepercayaan untuk memanfaatkan Gedung Pers tersebut kepada Sekber. (M. Zeb)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *