IAKN Kupang Wisuda194 Mahasiswa

IMG-20240409-WA0076

Timor Tengah Selatan, TRIBRATA TV

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang, Nusa Tenggara Timur mewisuda 194 mahasiswa dari berbagai program studi, Rabu (29/9/2021).

IMG-20240227-124711

194 mahasiswa itu dari Program Pascasarjana Magister Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Musik Gerejawi dan Pastoral konseling.

Wisuda digelar di gedung gereja Nasaret Oesapa Timur, Kupang.

Acara wisuda diadakan secara luring dan daring bagi Program doktoral, magister dan sarjana melalui rapat senat terbuka luar biasa.

Wisuda dibuka Rektor IAKN Kupang dan dihadiri Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi, perwakilan Gubernur NTT, Dirjen Bimas Kristen, Plt Kakanwil Kemenag NTT, para Dewan Penyantun, Forkopimda dan segenap akademika IAKN Kupang, serta tamu undangan lainnya.

Rektor IAKN Kupang Dr.Harun Y. Natonis,S.Pd,M.Si, dalam laporannya mengatakan wisuda doktor, magister, dan sarjana IAKN Kupang rutin dilakukan pada setiap tahun akademik.

Menurutnya wisuda juga merupakan salah satu indikator keberhasilan mahasiswa IAKN Kupang dalam menyelesaikan studinya. Tahun ini merupakan angkatan ke-III khusus untuk Program Doktor Teologi,
angkatan ke-VIII untuk Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Agama Kristen, angkatan ke XIII Program Studi Pendidikan Agama Kristen, angkatan ke-XI Program Studi Musik Gerejawi, dan angkatan ke-Vl Program Studi Pastoral Konseling.

Ia menjelaskan IAKN Kupang kini telah memasuki usia yang kedua tahun setelah pasca transformasi dari STAKN menjadi IAKN. Dimana sejak tahun 2012 dialihkan dari STAK menjadi STAKN, kemudian pada tahun 2020 telah dialihkan lagi statusnya menjadi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang.

“Jika dihitung dari sejak pendiriannya, IAKN Kupang kini sudah memasuki usia yang ke–14 tahun. Kini IAKN telah memiliki tiga fakultas, enam jurusan dan 14 program studi dari jenjang S1 hingga S3. IAKN Kupang berupaya semaksimal mungkin menghasilkan lulusan berkualitas dan memiliki kompetensi di dalam bidang ilmunya”, ungkap Rektor.

Selain itu IAKN Kupang memandang dunia pendidikan sangat penting tidak hanya sebatas mentransfer ilmu saja atau sekedar meraih standar kompetensi.

Hal lain yang dianggap utama adalah bagaimana mengubah atau membentuk karakter dan watak dari peserta didik agar menjadi lebih baik dan santun dalam tataran etika maupun estetika serta mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dimana ia berada.

“Selamat kepada para wisudawan-wisudawati, semoga ilmu yang didapat dibangku kuliah dapat bermanfaat bagi diri sendiri, bagi masyarakat, bangsa dan negara”, pintanya.

Sementara Wakil Mentri Agama, dalam sambutannya mengatakan mewakili Pemerintah Indonesia mengucapkan selamat kepada para wisudawan-wisudawati, semoga ilmu yang didapat bisa berguna buat masyarakat.

Ia menilai IAKN Kupang luar biasa, karena yang mengikuti wisuda doktor ada wakil bupati dan anggota DPRD, sehingga sudah pasti IAKN Kupang akan mengorbitkan sarjana yang bermutu dan berkualitas, serta bermanfaat. (Yor tefa)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *