IMG-20240501-WA0019

Wakil Bupati Humbahas Buka Workshop Kiat Masuk PTN dan Public Speaking

IMG-20240409-WA0076

Humbahas, TRIBRATA TV

Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Oloan Paniaran Nababan membuka workshop kiat masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan Public Speaking di SMAN 2 Lintongnihuta, Selasa (19/9/2023).

IMG-20240227-124711

Narasumber dalam workshop itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Dr. S Bekti Istiyanto , Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Musa Maliki, Ph.D dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Bidang Akademik Dr. Fitria Ayuningtyas.

Oloan Paniaran Nababan mengatakan pendidikan merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan di masa depan. Mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman, mulai dari kemajuan teknologi yang makin pesat hingga syarat pendidikan untuk mendapatkan pekerjaan yang semakin tinggi.

Untuk menjadi bagian dari kemajuan jaman, maka semua harus mempersiapkan diri menjadi yang terbaik.

“Saya yakin dan percaya bahwa adik-adik sekalian lah yang akan menjadi masa depan bangsa ini secara khusus Kabupaten Humbang Hasundutan ini. Untuk itu mari kita ikuti dan gali ilmu yang lebih banyak melalui para narasumber yang hadir pada workshop ini,” kata Oloan.

Kepala Sekolah SMAN 2 Lintongnihuta Sahala Sinaga mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati yang memberikan perhatian besar kepada SMA Negeri 2 Lintongnihuta. Berkenan mendatangkan narasumber dengan materi kiat masuk PTN.

“Kiranya dari kegiatan ini dapat diambil manfaatnya terkhusus untuk kelas XII angkatan 10 supaya bisa mengimplementasikan pada UTBK nantinya,” ujarnya.

Menurutnya dalam 3 tahun terakhir, angkatan 9 (tahun 2022) dari 61 siswa, yang masuk ke PTN termasuk ke Sekolah Kedinasan sebanyak 46 orang, 95% masuk ke PTN yang ada di Pulau Jawa. Angkatan 8 (tahun 2021) dari 68 siswa, masuk ke PTN dan Sekolah Kedinasan sebanyak 60 siswa. Angkatan 7 (tahun 2020) dari 68 siswa, masuk ke PTN dan Sekolah Kedinasan sebanyak 56 siswa.

“Semoga dengan adanya workshop ini para siswa mendapatkan kiat-kiat dan strategi yang dapat meningkatkan lulusan SMA Negeri 2 Lintongnihuta masuk ke PTN dan Sekolah Kedinasan,” tambahnya.

Dalam workshop itu, Dr Fitria Ayuningtyas menyampaikan materi tentang Public Speaking bagi remaja. Sedangkan Musa Maliki, Ph.D. menyampaikan materi tentang Kiat-Kiat Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dr Fitria menjelaskan kemampuan dalam berkomunikasi yang baik merupakan prasyarat utama yang harus dimiliki saat ini. Sedangkan Musa menyampaikan agar masuk PTN sebaiknya melakukan persiapan diri dengan baik jauh-jauh waktu, perbanyak mencari informasi yang terkini serta jaga semangat dan konsistensi. (tota mora)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *