IMG-20240501-WA0019

Kabel Optik Bawah Laut Putus, Sudah 2 Pekan Jaringan Internet di Simeulue Lelet

IMG-20240409-WA0076

Simeulue, TRIBRATA TV

Kadis Kominsa Kabupaten Simeulue Misrahudin minta masyarakat Kabupaten Simeulue untuk dapat bersabar sementara waktu atas ketidak nyamanan layanan jaringan Telkom saat ini, Kamis (11/8/2022).

IMG-20240227-124711

Pihaknya saat ini terus berupaya berasama tim untuk dapat segera memperbaiki layanan jaringan internet di Kabuputen Simeulue.

Menurutnya layanan Telkom group di wilayah Kabupaten Simeulue dan sekitarnya mengalami gangguan jaringan komunikasi sejak Selasa, 2 Agustus 2022 pukul 07.06 WIB.

Penurunan kualitas layanan ini disebabkan putusnya kabel fiber optic segmen laut milik Telkom pada titik 23,8 km lepas pantai Bakongan tepatnya di palung laut antara Bakongan ke Pulau Simeulue. Hal ini iduga akibat dampak dari bencana gempa yang terjadi pada hari yang sama pukul 04.15 WIB.

General Manager Telkom Aceh, Teuku Fauzan pada Rabu (3/8/2022) mengatakan, putusnya kabel tersebut menyebabkan penurunan kualitas dan gangguan pada trafik layanan Telkom group baik fixed maupun mobile di wilayah Kabupaten Simeulue.

“Saat ini, tim terus mempercepat upaya perbaikan layanan, tengah menyiapkan contingency plan untuk layanan backup sementara dengan menggunakan teknologi satelit dan Radio IP,” ujarnya.

Mengingat jadwal pelayaran kapal dan keselamatan pelayaran menuju Kabupaten Simeulue, untuk pengiriman perangkat antena komunikasi satelit beserta personilnya akan diupayakan dapat diselesaikan pada Minggu ke-2 bulan Agustus 2022.

“Untuk via jalur Radio IP akan diupayakan selesai pada Minggu ke-1 bulan September 2022,”katanya.

Sedangkan untuk perbaikan jalur utama via kabel fiber optic segmen laut, sampai dengan saat ini masih dilakukan proses mitigasi dan dalam penyusunan rencana kerja oleh tim teknis, imbuhnya.

Lebih lanjut Teuku Fauzan menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak. “Atas nama manajemen, kami memohon maaf untuk ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Tentunya kejadian ini adalah hal yang tidak diinginkan oleh siapapun termasuk Telkom. Untuk saat ini kami fokus pada peningkatan kualitas layanan yang menjadi prioritas utama agar dapat kembali hadir melayani masyarakat Kabupaten Simeulue dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Pantauan TRIBRATA TV, dampak dari menurunnya kualitas internet, beberapa kedai kopi sepi dan sunyi bahkan mengalami penurunan Omzet yang drastis. (M.zeb)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *