IMG-20240501-WA0019

Ini Penjelasan Kapolsek Pagar Merbau Terkait Berita Genk Motor

IMG-20240409-WA0076

Deli Serdang, TRIBRATA TV

Polsek Pagar Merbau dipimpin Kapolsek IPTU Ivan R.Sitompul menggelar razia knalpot blong dan antisipasi geng motor ataupun begal yang belakangan ramai menjadi perbincangan.

IMG-20240227-124711

Awak media yang mengkonfirmasi terkait adanya anak geng motor yang diberitakan pada Minggu (2/7/2023) disalah satu media online dan cetak, IPTU I. R. Sitompul mengatakan sudah mendapatkan informasi sebelumnya dan telah menyelidiki geng motor yang berasal dari Kecamatan Galang dan Kecamatan Lubuk Pakam itu.

Geng ini melintas diseputaran wilayah Kecamatan Pagar Merbau yang berbatasan dengan Kecamatan Galang.

“Penyelidikan harus dimaksimalkan terlebih dahulu dan tidak perlu kami publikasikan supaya penindakannya dapat hasil yang baik,” katanya.

Dijelaskan geng motor tersebut masih dalam pantauan Polsek Pagar Merbau apabila ditemukan membawa senjata tajam atau benda berbahaya lainnya pasti akan ditindak tegas.

“Upaya premetif dan prepentif sudah kita lakukan diantaranya sosialisasi oleh Bhabinkamtibmas di desa masing-masing dan berkoordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Lalu berkoordinasi dan menyurati para kepala desa agar warga memberikan informasi apabila mengetahui ada geng motor, knalpot blong dan balap atau tindak pidana lainnya,” tambah Kapolsek.

Selain itu juga melaksanakan patroli ditempat-tempat sepi dan langsung sweeping apabila menemukan orang yang mencurigakan dan melaksanakan penindakan berupa razia dititik,-titik tertentu.

Dikatakannya, pihaknya telah mengamankan seratusan sepeda motor yang memakai knalpot blong serta mengamankan 19 anggota geng motor Zervanos yang diberikan tindakan fisik dan diberikan pembinaan serta edukasi.

Lanjutnya, hasil dari kegiatan tersebut sampai saat ini wilayah Kecamatan Pagar Merbau dalam keadaan aman dan kondusif. “Kita tetap konsisten memberantas geng motor, begal, balap liar, knalpot blong dan atau tindak pidana lainnya, terkait foto anak anak geng motor yang ada di foto salahsatu pemberitaan media tersebut itu adalah foto lama (tahun 2022) dan pada saat orang-orang yang berfoto itu kita pastikan bukan berada di Kecamatan Pagar Merbau,” tegasnya.

“Ketika kita melakukan penyelidikan kepada warga yang menjadi sumber pemberitaan media tersebut dirinya mengaku belum pernah melihat orang-orang yang ada di foto dimaksud berkeliaran pada saat sumber melihat rombongan sepeda motor yang berjumlah sekura 20 sepeda motor beberapa hari yang lalu. Namun demikian kami ucapkan terima kasih pemberitaan tersebut memacu semangat kami tetap akan mengantisipasinya dengan bekerjasama bersama masyarakat dan perangkat desa”, tuturnya

Ivan meyakinkan agar warga tetap beraktivitas seperti biasa karena sampai saat ini situasi wilayah Kecamatan Pagar Merbau relatif aman kondusif dan belum ada keluhan warga yang melintas pada siang maupun malam hari kepada kami, dan tetap siaga 24 jam.

Beberapa warga juga mengucapkan terimakasih kepada Polsek Pagar Merbau atas penindakan yang dilakukan, karena saat ini sudah banyak berkurang sepeda motor yang menggunakan knalpot blong sehingga warga dapat nyaman pada saat beraktivitas dan pada saat beristirahat di malam hari.

Kapolsek juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa warga, perangkat desa, awak media dan juga Forwarspams (Forum Wartawan LSM Pagar Merbau sekitarnya) yang selama ini sudah mendukung serta bekerjasama dengan baik memberikan informasi terkait geng motor. (muliadi)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *