IMG-20240501-WA0019

Yoga dan Aziza Terpilih Jadi Putera Puteri Kebudayaan Sumatera Utara 2023

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Yoga Putra Raynanda dan Aziza Maemuna Abron terpilih menjadi Putra dan Putri Kebudayaan Sumatera Utara dalam Grand Final Putera Puteri Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara (PPKSU) 2023, di Grand City Hall, Rabu (14/6/2023) malam.

IMG-20240227-124711

Yoga Putra Raynanda berasal dari Kabupaten Deli Serdang dan Aziza Maemuna Abron berasal dari Medan berhasil mengalahkan peserta dari 14 kabupaten kota lainnya.

“Harapan saya setelah terpilih sebagai Puteri Kebudayaan 2023 bisa dapat memajukan lagi kebudayaan di Sumatera Utara dan mohon doanya juga untuk saya ke nasional nanti agar bisa mengharum lagi nama Sumatera Utara. Saya bangga bisa menjadi Puteri Kebudayaan Sumatera Utara, ” kata Aziza.

Menurutnya hal ini adalah amanah, dan amanah ini harus dijaga untuk sama-sama melestarikan Kebudayaan Sumatera Utara ini.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara Zumri Sultony diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Disparbudkraf Sumut, Silvia Rosita Armayanti Lubi mengatakan ada beberapa tahapan yang sudah dilalui 44 peserta dari 14 Kabupaten Kota hingga bisa sampai ke grand final. Para dewan juri telah melakukan penilaian baik itu segi akademis maupun non akademis.

“Eaya berharap putera – puteri yang terpilih dapat melestarikan budaya Indonesia khususnya Sumatera Utara dan membawa perubahan besar bagi generasi muda juga menjadi contoh baik untuk masa depan,” harap Silvia Rosita Armayanti Lubis.

Selain itu, tugas berat kepada Putera Puteri Kebudayaan untuk menggali, mengenali dan melestarikan serta mengembangkan budaya-budaya yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

“Provinsi Sumatera Utara terbentang dari ujung Kabupaten Langkat sampai ke Kabupaten Padang lawas yang mempunyai kebudayaan beraneka ragam, ini menjadi tugas dan peran kita bersama untuk melestarikan kebudayaan itu,” ujar Silvia.

Selain itu, ia mengharapkan angkatan 2023 PPKSU ini bisa menjadi lebih baik lagi dan terus menjalankan advokasi dalam bidang edukasi dan pelestarian kebudayaan.

“Tahun ini angkatan 2023 akan menerbitkan buku cerita rakyat, makanan dan kue tradisional di Provinsi Sumatera Utara,” katanya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih juga kepada para pihak sponsor yang telah mendukung hingga acara ini berjalan dengan sukses. “Mewakili pembina dan panitia saya ucapkan terima kasih yang luar bisa kepada pihak yang telah mendukung acara ini,” ucapnya lagi. (ubay)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *