Jahe Minuman Mata Air Surga

Allah berfirman, “Didalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campuran‐nya adalah jahe (yang berasal dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil. Dan mereka dikelilingi oleh pelayan‐pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka, mutiara yang bertaburan. Dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar”.(QS 76. AlInsaan:17‐ 20).

Al‐Qur’an menyebut jahe dengan zanjabil dan dikisahkan kelak para penghuni surga akan diberikan minuman yang campurannya adalah jahe dari mata air surga (salsabil).

Abu Nu’aim meriwayatkan dari hadits Abu Said Al Khudri RA bahwa ia menceritakan, “Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah SAW satu karung jahe. Beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan, dan aku juga mendapatkan satu potong untuk kumakan”.

Hal ini dilakukan Nabi karena beliau mengetahui khasiat jahe dan ingin semua sahabatnya merasakan manfaat dari tanaman ini.

Jahe, yang nama ilmiahnya Zingiberofficinale, banyak digunakan sebagai bumbu dapur maupun obat‐obatan. Rimpang jahe mengandung senyawa kimia berupa Gingeroil, minyak terbang, limonele, alfa‐linolenat dan tepung kanji.

Khasiat jahe diantaranya sebagai anti‐inflamasi, anti‐tromotik, anti‐karsinogen dan anti‐tumor. Selain itu, jahe juga dapat menyembuhkan batuk kering menahun, gatal‐gatal, luka lecet, luka bakar, luka tikam, gigitan ular serta meningkatkan daya tahan tubuh. Merangsang pelepasan hormon adrenalin, memperlebar pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih cepat dan lancar. Tubuh pun menjadi lebih hangat, kerja jantung memompa darah lebih ringan dan tekanan darah menjadi turun.

Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting. Pertama, protease yang berfungsi memecah protein. Kedua, lipase yang berfungsi memecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan.

Jahe sekurangnya mengandung19 komponen bio‐aktif yang berguna bagi tubuh. Komponen yang paling utama adalah gingerol yang bersifat anti koagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah.
Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol diperkirakan juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Membantu tubuh melawan pilek dan flu. Jahe mengandung anti oksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Wedang Jahe
“Wedang Jahe” merupakan minuman kesehatan siap seduh dengan komposisi jahe kampung dan jahe merah diramu dengan lima bahan rempah‐rempah tambahan yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meringankan kerja jantung dan anti‐toksin yakni membuang racun dari dalam tubuh.

Di saat pandemi corona ini, wedang jahe diyakini sangat bermanfaat dalam upaya tubuh melawan penularan dan penyebaran virus covid‐19 yang belum ada obatnya secara klinis.

Wedang Jahe diproduksi oleh sebuah paguyuban radio komunitas yang dipimpin Bapak Hidayat yang berlokasi di Dusun X Raya, Desa Sambirejo Timur, Kec. Percut Sei Tuan, Deli Serdang.
WA/HP: 081361309133

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *