IMG-20240501-WA0019

Bantu Kekurangan Stok, Lantamal I Belawan Gelar Donor Darah

IMG-20240409-WA0076

Belawan, TRIBRATA TV

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) Belawan bekerja sama dengan Instalasi Transfusi Darah RSUP Adam Malik Medan menggelar donor darah bertempat di gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I Jalan Serma Hanafiah Belawan, Rabu (2/6/2021).

IMG-20240227-124711

Donor darah ini diikuti 105 calon siswa Taruna/taruni Akademi TNI Angkatan Laut dan calon siswa Tamtama PK. Gelombang I Tahun 2021 dan juga prajurit TNI AL Lantamal I.

Kepala Dinas Kesehatan Lantamal I Belawan drg. Yeti Trianti, Sp Ort. mengatakan kegiatan ini untuk membantu menambah stok darah di Instalasi Tranfusi Darah RSUP. H. Adam Malik yang semakin menipis karena saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19. Banyak masyarakat takut mendonorkan darahnya sehingga stok darah yang ada semakin berkurang.

Sementara kebutuhan darah pada pasien yang sedang sakit permintaannya terus meningkat tajam di RSUP H. Adam Malik.

“Kerjasama ini sudah lama berlangsung antara Lantamal I dan RSUP H. Adam Malik secara berkesinambungan dilaksanakan apabila ada rekrutmen penerimaan calon prajurit TNI Angkatan Laut sekalian pemeriksaan darah lengkap untuk tes kesehatan bagi calon siswa yang sedang mengikuti seleksi masuk TNI AL, ” jelasnya.

Sementara itu Kepala Instalasi Transfusi Darah RSUP H. Adam Malik Dr. Ida Adhayanti Sp.pk melalui stafnya Natalina S.Si berterimakasih kepada Lantamal I yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah karena sangat membantu menanggulangi kekurangan stok darah.

“Kami berterimakasih kepada pihak Lantamal I yang menyelenggarakan donor darah dan kami sepenuhnya sangat mendukung kegiatan ini karena sangat membantu sekali untuk menanggulangi kekurangan stok darah,” ujarnya.

Salah satu peserta donor darah, Rivan Hanafi (22) warga Jalan Pancing 3 Martubung yang juga calon siswa Tamtama menanggapi positif kegiatan ini karena dapat membantu kepada yang membutuhkannya. “Kami melakukan dengan iklas dan senang hati tidak ada keterpaksaan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan salah satu calon taruni, Salma Pandutiara (20) warga Jalan Marelan 7 gang Iro. Menurutnya hal ini sangat baik karena dapat bermanfaat untuk orang yang membutuhkan darah.

Kegiatan donor darah dilakukan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan tetap menggunakan masker, jaga jarak dan tidak berkerumun dan sebelum donor dilaksanakan pemeriksaan darah serta tensi pada pendonor. (P.Sitorus / Dispen Lantamal I)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *