IMG-20240501-WA0019

132 Warga Desa Gazamanu Terima BLT Dana Desa Tahap I

IMG-20240409-WA0076

Nias, TRIBRATA TV

Pemerintah Desa Gazamanu Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 132 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  di Gedung Sanggar Seni Budaya Desa Gazamanu, Kamis (26/05/2022).

IMG-20240227-124711

Diketahui, pembagian BLT tersebut dihadiri seluruh KPM, Bhabinkamtibmas Polsek Bawolato Sahalao Hutabarat, Danposramil Bawolato Rico Siagian dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19.

Kepada TRIBRATA TV, Kepala Desa Gazamanu Tri Bakti Lase menjelaskan Bantuan Langsung Tunai yang disalurkan pada tahap I ini adalah untuk pembayaran bulan Januari hingga bulan Maret Tahun Anggaran 2022. Nilai BLT yang disalurkan adalah Rp300.000 setiap bulannya sebagai jaring pengaman sosial dimasa pandemi dan untuk menopang daya beli masyarakat agar perekonomian desa produktif dan bergerak.

Ia mengatakan, pembagian BLT dilakukan tanpa menunggu turunnya Dana Desa secara keseluruhan, karena pemerintah lebih mengutamakan penyaluran BLT dengan syarat pengajuan Dana Desa telah dilaksanakan. “Sesuai petunjuk dari Dinas PMD dan Camat Bawolato, BLT ini tidak boleh ditahan-tahan harus segera disalurkan,” katanya.

Tri Bakti Lase menuturkan, dalam proses penyaluran BLT, pihaknya terlebih dahulu melalui berbagai tahapan sesuai dengan aturan yang ada. Salah satunya penginputan data di aplikasi Omspan yang dilakukan secara online.

Selain itu, Pemdes juga membutuhkan kelengkapan data dari Keluarga Penerima Manfaat dan Pemdes juga terlebih dahulu telah melakukan proses Musyawarah Desa (Musdes) untuk menetapkan nama dan jumlah penerima BLT tersebut.

“Pemdes Gazamanu akan berusaha setelah pembagian BLT tahap I ini untuk segera menyampaikan pertanggungjawabannya sekaligus pengajuan untuk tahapan berikutnya. Jika laporan pertanggungjawaban belum selesai maka pengajuan untuk tahap selanjutnya juga tidak bisa dilakukan,” tuturnya. (F/Lase)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *